Sabtu, 04 Juli 2015

Tips Mengelola Uang THR

Tips Mengelola Uang THR
Cara Mengelola Uang THR
Memasuki bulan penuh berkah, tidak luput juga dengan masuknya uang THR (Tunjangan Hari Raya) ke kantong atau bisa disebut juga dengan gaji ke-13. Biasanya THR diberikan dua minggu sebelum hari raya berlangsung. Tentu diberikan kepada yang berhak mendapatkan THR, dengan catatan jika telah bekerja dan memiliki masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih mendapatkan THR sebesar satu bulan upah.

Sedangkan, bagi yang baru memiliki masa kerja 3 bulan tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan masa kerja yaitu dengan perhitungan masa kerja/12 x 1 bulan upah.

Dengan adanya jeda waktu sampai hari raya berlangsung, seharusnya bisa menganggarkan uang THR dengan baik, sehingga pengeluaran yang ada pun tidak menguras uang THR. Seharusnya THR dipergunakan sebagai sumber dana untuk membiayai belanja yang timbul akibat Hari Raya itu sendiri. Sedangkan jenis biaya rutin tetap mengandalkan sumber dana dari pendapatan yang biasa diperoleh.

Rencanakan Anggaran

Rencanakan anggaran secara cermat, tetapi jangan sama kan dengan anggaran pengeluaran bulanan. THR digunakan untuk membeli kebutuhan yang berkaitan dengan hari raya, seperti; zakat atau pun rencana pulang ke kampung halaman. Jangan berlebihan dalam membeli kebutuhan untuk makanan atau pakaian baru untuk hari raya.

Dana Tak Terduga

Jika memang merencanakan untuk mudik atau pulang kampung, sediakan dana tak terduga untuk keperluan di kampung halaman nantinya. Misalkan dana untuk makan, tempat tinggal (jika memang tidak tinggal bersama sanak saudara), atau pun uang pecahan kecil untuk dibagikan kepada keponakan-keponakan.

Tentukan Skala Prioritas

Berikan point pada setiap kebutuhan, misalnya point terhadap kebutuhan yang memang harus dibayarkan seperti; zakat. Lalu point kedua adalah kebutuhan yang bisa dibiayai setelah semua kebutuhan wajib untuk hari raya telah terpenuhi.

Bayar Utang

Dengan menggunakan dana THR, anda dapat membayar sisa-sisa utang, walaupun risikonya tidak dapat menggunakan THR secara penuh. Tetapi, setidaknya bisa membuat lega karena utang telah dilunasi.

THR Untuk Asisten Rumah Tangga

Persiapkan THR untuk mereka yang membantu bekerja di rumah anda, seperti; asisten rumah tangga, sopir bahkan pembersih kebun. Jangan sampai berutang THR kepada mereka.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Jika saat ini sedang atau sudah berutang untuk keperluan hari raya. Sebaiknya dihentikan dulu belanjanya, hal seperti ini bisa menyebabkan uang THR cepat habis atau dengan kata lain seakan merasa tidak mendapatkannya. Terlebih lagi, jika menggunakan kartu kredit, bisa membuat tagihan membengkak, dan lagi-lagi tidak merasakan THR yang diperoleh.

Maksimalkan Untuk Berinvestasi

Menurut para konsultan perencana keuangan, sebuah keluarga harus dapat mengelola uang THR sebagaimana mengelola gaji bulanan biasa, misalnya untuk utang tiap bulan yang ada, seperti; kartu kredit maksimal 30%, investasi minimal yang harus dikeluarkan sebesar 10%, sedangkan sisanya bisa digunakan untuk keperluan Hari Raya. Jika pengeluaran saat Hari Raya justru 2,5 kali lipat dari pengeluaran bulanan, maka berhati-hatilah dan lakukan evaluasi secara detail karena itu akan mengganggu kesehatan neraca keuangan anda. 
Makassar, 4 Juli 2015

Sumber Bacaan :
https://www.aturduit.com/articles/bagaimana-mengelola-uang-thr-secara-tepat/  
(Tulisan dari sumber di atas sedikit di modifikasi tanpa mengurangi sedikit pun makna yang terkandung di dalamnya)

18 komentar:

  1. Makasih tipsny gan boleh di coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, yuk coba di terapkan.

      Hapus
  2. Makasih tipsny gan boleh di coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internetnya lagi eror ya mas, sampai ngirimnya double gini.

      Hapus
  3. Makasiih tipsnya Timur, mencerahkan nih...semga THR nya optimal dan masih bisa disisakan untuk mnabung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Irma. Semoga saja bisa demikian Mbak.

      Hapus
  4. wah saya ga punya THR malah harus ngasih THR ada tipsnya engga hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikirkan dulu ya tipsnya untuk satu itu.

      Hapus
  5. Dan biasanya kalau dapat THR saya memilih untuk menabungkannya sebagian, sudah terkumpul bisa berinvestasi melaui pembelian tanah atau emas. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut di contoh nih caranya Mbak Liswanti.

      Hapus
  6. Dan biasanya kalau dapat THR saya memilih untuk menabungkannya sebagian, sudah terkumpul bisa berinvestasi melaui pembelian tanah atau emas. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik tuh, uang THR di kelola untuk hal-hal yang bermanfaat di masa yang akan datang.

      Hapus
  7. Itu bagus tuh tentang utang, biasanya orang suka lupa bayar utang, padahal utang dibawa ke akhirat ya... hehehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. benar bangad, seringkali utang lupa di bayar.

      Hapus
  8. betul mas ,kadang orang terlalu konsumtif shg uang THR berlau begitu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kebiasaan yang harus di buang jauh-jauh ya Mbak.

      Hapus
  9. selamatkan dulu uang THR ke rekening lain yang gak bisa diambil sembarangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tuh Mbak Lidya, lebih baik uang THR di selamatkan dahulu ke rekening lain biar gak bisa di ambil.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...