Minggu, 05 Juli 2015

Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis

Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis
Salah satu kekhawatiran terbesar penulis/blogger pemula adalah saat tidak bisa menemukan sesuatu atau ide untuk dituliskan. Alasan yang paling sering terucapkan dan umum terjadi adalah karena tidak punya ide. Atau sudah punya ide, tapi tidak tahu harus memulai dari mana dan kata apa yang harus pertama di tuliskan.
  
Sedangkan di sisi lain, kata-kata di dalam kepala sudah memberontak dan memaksa untuk di keluarkan secepatnya. Jika kata-kata tersebut di ibaratkan seperti seekor kuda, maka sedikit lagi akan menjadi liar karena kelamaan berdiam diri di dalam kandang tanpa di urus dan di biarkan kelaparan. Dengan kata lain terlalu lama bolak balik tanpa tujuan yang jelas di dalam kandang.
 
Selain alasan susah menemukan ide, ada satu penghalang lagi yang seringkali membuat blogger/penulis pemula langsung blank seketika. Bahkan tanpa melewati negosiasi pun hal ini sering bangad membuat blogger pemula jadi mati kutu, di mana yang tadinya banyak ide dan banyak kata-kata alias banyak cerita atau banyak omong, tiba-tiba langsung mati kutu jika berhadapan dengan penghalang yang satu ini.

Pasti pada penasaran mengenai penghalang yang aku maksud. Tenang, aku gak akan membuat tema-teman kelamaan penasarannya. Karena yang kelamaan penasarannya itu hanyalah arwah yang gentayangan, setan, jin dan semacamnya (lupa dengar kalimat ini dimana). Untuk mempersingkat rasa penasaran teman-teman, maka aku akan segera mengungkapkan penghalang tersebut. Yang aku maksud tak lain dan tak bukan adalah kertas/halaman kosong.

Seperti kata Dee (Dewi Lestari) bahwa salah satu musuh terbesar penulis adalah "Halaman Kosong". Ya... kertas atau halaman kosong. Mengapa? Ibaratkan bayi, halaman kosong tersebut masih dalam keadaan suci. Di mana kadang membuat kita enggan untuk mengotorinya. Itu menurut saya pribadi, gak tahu deh kalau pendapat teman-teman.

Kembali ke topik.

Setuju atau tidak, sebenarnya ide itu banyak dan berlalu lalang di sekitar kita setiap detik, menit, jam, hari dan sepanjang umur kita. Lalu muncul sebuah pertanyaan, seberapa peka kamu terhadap keadaan tersebut? Padahal apa yang kita lihat, dengar, rasakan, merupakan sesuatu yang bisa diceritakan. Iya gak!

Setiap penulis memiliki cara untuk mengasah kemampuannya dalam menghadirkan sebuah ide. Contohnya, Neil Gaiman menciptakan sendiri apa yang ingin dia tulis, bukan hanya menunggu. Karena jika kamu hanya duduk menanti ide besar datang, niscaya itu tak akan terjadi. Ide luar biasa akan muncul ketika kita terbiasa mengeksekusi ide-ide yang sederhana. Untuk melatih kemampuan mendapatkan ide sederhana dapat dilakukan dengan beberapa cara dan bisa dicoba bagi yang masih merasa blogger/penulis pemula.  Cara sederhana tersebut, yakni :

Tulis Ide Apa Saja Yang Ada Dalam Pikiranmu

Tulis secara berkala dan jadikan kebiasaan rutin. Tidak perlu terlalu menimbang apakah itu ide besar atau ide sederhana. Memiliki bank ide akan sangat bermanfaat ketika kamu sedang stuck atau membutuhkan ide cepat. Dan ide lama yang belum sempat di olah, bisa jadi harta berharga di masa depan.

Carilah Prompt Untuk Tulisanmu

Prompt adalah pemicu yang bisa memancingmu menulis. Bisa berupa kata, benda, kejadian, atau apa saja. Kamu bisa meminta prompt dari temanmu atau ikut bergabung dengan komunitas menulis yang secara regular memberi prompt. Cara ini bisa mengasahmu mendapatkan ide dan mengeksekusinya dari hal-hal yang biasa atau malah tidak pernah terpikirkan olehmu.

Cobalah Untuk Menggabungkan Dua Hal Yang Berbeda

Pernahkah kamu berpikir apa jadinya jika ubur-ubur dan stroberi disatukan dalam sebuah cerita? Dua hal tersebut kelihatan sangat berseberangan, tetapi jika kamu memikirkannya dengan baik, ada banyak hal yang bisa diceritakan.

Cari Inspirasi di Media Lain

Koran, televisi, internet, menyediakan informasi yang sangat berlimpah dan aktual setiap harinya. Sepuluh menit membaca surat kabar bisa memberimu banyak gambaran kejadian.

Makassar, 5 Juli 2015

Sumber Inspirasi Tambahan :
*http://nulisbuku.com/blog/2015/07/4-cara-mendapatkan-ide/*

12 komentar:

  1. Ohh, bergabung dengan komunitas juga sangat berpengaruh yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berpengaruh juga. Lewat komunitas kita bisa belajar banyak hal. Contohnya komunitas menulis, maka mau tidak mau kita akan belajar lebih banyak masalah dunia kepenulisan.

      Hapus
  2. betul gan,
    namun saya sering kelupaan dalam hal note ide. "waduh tadi ide nulis apa yah pas waktu saya naik motor", dan masih banyak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti perlu juga membawa buku catatan nih setiap mau ke mana-mana, Setidaknya yang ukuran album kecil tau gak nota kecil gitu biar di catat setiap kali ada ide.

      Hapus
  3. Dan yang paling penting adalah sering-seringlah minum kopi. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... Tapi jangan paksain kalau memang bukan pecinta kopi, karena hanya akan membuat diri jadi tersiksa setelahnya

      Hapus
  4. Dapat ilmu...smg bisa menerapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, pasti bisa diterapkan.

      Hapus
  5. Dapat ilmu...smg bisa menerapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ada kemauan dan selalu berusaha, suatu saat nanti pasti bisa.

      Semangat...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...