Jumat, 31 Juli 2015

Berhentilah Mengeluh

Berhenti Mengeluh
Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini telah menjadi suatu kebiasaan. Jika kamu termasuk orang yang suka mengeluh maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi yang Anda hadapi menjadi lebih baik, malahan hanya akan menguras energi dan menciptakan perasaan negatif yang tidak memberdayakan diri.

Coba tanyakan diri, seandainya memiliki dua orang teman, yang pertama selalu mengucapkan kata-kata positif dan yang kedua selalu mengeluh, maka akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Tentu jawabannya lebih dominan pada teman yang pertama, karena pada dasarnya semua orang senang berhubungan dengan orang-orang positif yang kata-katanya membangun, menghibur, menguatkan.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita sering mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan atau keinginan kita. Dan perlu sadari bahwa hal ini akan terjadi hampir setiap hari dalam kehidupan yaitu kenyataan yang terjadi seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Lalu bagaimana mengatasinya? Cara sebenarnya sangat mudah, yakni hanya perlu belajar bersyukur dalam segala keadaan yang dihadapi. Percayalah bahwa di balik semua hal yang sering dikeluhkan pasti ada hal yang harus disyukuri. Para ahli psikologi mengatakan "Sikap bersyukur adalah emosi yang tersehat". Seorang pakar stress bernama Hans Seyle juga berkata, "Sikap bersyukur menghasilkan energi emosional lebih daripada sikap yang lain dalam hidup ini". Yang menarik adalah selalu ada pilihan dalam setiap kejadian yang di hadapi. Semua tergantung pada diri sendiri, apakah akan mengeluh atau bersyukur? Hanya diri sendirilah yang tahu jawabannya!

Herannya ada orang-orang tertentu yang memang tidak paham bagaimana cara bersyukur dan orang-orang seperti ini kelihatannya tidak pernah dapat melihat sesuatu hal yang baik ataupun positif karena pandangannya cuma tertuju pada hal yang buruk.

Mulailah mengisi waktu untuk bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas pekerjaan dimiliki, kesehatan, keluarga atau apapun yang dapat di syukuri. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu mengikuti. Cobalah untuk melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan karena terlalu sibuk mengeluh.

Kalau semakin banyak kita bersyukur atas apa yang kita miliki, maka semakin banyak hal yang akan kita miliki untuk disyukuri. Berarti semakin banyak mengeluh atas masalah yang di alami, maka jangan heran jika rasanya semakin banyak masalah yang kita alami untuk dikeluhkan.

Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut. Setlah itu buka mata anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.

Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh, coba beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan dalam hidup anda.

6 komentar:

  1. sepakat mang berhentilah mengeluh sebab keluh kesah tidaklah banyak berguna bagi kemajuan hidup kita.
    semangatlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangad pak, lebih baik semangat untuk mengejar apa yang di impikan.

      Hapus
  2. Bersyukur memang kunci ketenangan y ms arif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma ketenangan, tapi bersyukur merupakan kunci untuk meraih kesuksesan di masa depan dan menghargai apa yang dimiliki.

      Hapus
  3. Kadang suka sadar sih kalau mengeluh itu ga bagus, tapi walaupun udah sadar, tetap aja mengeluh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor kebiasaan buruk masih menguasai ya Mbak Nurul

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...