Selasa, 26 Mei 2015

Sedekah

Ilustrasi
Bulan ramadhan, bulan yang penuh kemenangan. Bulan yang selalu dinanti kaum muslimin di seluruh dunia. Kedatangan bulan ramadhan setiap tahunnya yang tiada henti menjadi penghibur hati umat muslimin. Bagaimana tidak, bulan ini merupakan bulan yang istimewa dalam kalender umat muslimin. Banyak keutamaan ditawarkan pada bulan ini. Pahala di obral, semua amal shalih dilipat gandakan, baik wajib maupun sunnah, dan ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang waktu.
 
Sebagai seorang muslim, pasti tidak ingin semua terlewatkan begitu saja. Mengapa? Karena bulan ini hanya ada sekali dalam setahun. Di bulan ini begitu banyak berkah yang diberikan oleh Allah SWT, baik itu diberikan secara langsung maupun tidak langsung. Berkah yang secara langsung dapat kita liat setiap hari, seperti para pedagang dadakan yang selalu laris manis dagangannya diserbu para pemburu makanan atau istilah kerennya pemburu takjil.

Sedangkan berkah yang tidak bisa kita rasakan secara langsung adalah pahala dari Allah SWT. Berbicara mengenai berkah yang satu ini, tentu dapat kita lakukan lewat banyak cara seperti shalat, puasa, membaca ayat suci Al Quran dan masih banyak lagi.

Terus…. kalau puasa, sudah! Shalat wajib maupun sunnah, sudah! Membaca ayat suci Al Quran pun, sudah juga! Lantas, ibadah apalagi yang harus dilakukan di bulan Ramadhan? Nah….. salah satu pintu yang dibuka oleh Allah SWT untuk meraih keuntungan besar selama ramadhan adalah melalui sedekah. Islam menganjurkan umatnya untuk bersedekah dan amalan ini lebih dianjurkan lagi saat ramadhan tiba.

Rasulullah SAW sudah mencontohkan kepada kita semua sebagai umatnya untuk menjadi orang yang dermawan dan banyak memberi. Sebagaimana sabda Nabi SAW “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang di bawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari)

Sedekah yang dianjurkan dalam bulan ramadhan adalah memperbanyak infaq, memberi bantuan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan, memberikan santunan kepada anak yatim, memberi sedekah kepada orang-orang yang berbuka. Semua ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Seutama-utamanya sedekah adalah di bulan ramadhan.” (HR. Tirmidzi)

Sedekah merupakan sunnatullah bak air mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah, sehingga bila diabaikan maka air tersebut akan terbendung dan bisa menyebabkan bencana seperti banjir. Jadi dengan bersedekah akan membuat kita terhindar dari bencana dalam bentuk apa pun.

Bagi yang masih berpikir bahwa bersedekah akan membuatnya hartanya berkurang, Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan : “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta Allah SWT, melainkan akan menambah kemuliaan kepada hamba-hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah Swt. akan mengangkat (derajatnya).” (HR. Muslim)

Sedekah tak selamanya harus membayar dengan uang alias duit. Ketahuilah bahwa setiap persendian tubuh kita juga memerlukan sedekah. Rasulullah SAW berpesan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. yang artinya, Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan [menyelesaikan perkara] antara dua orang [yang berselisih] adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah” [HR.Bukhari dan Muslim].

Amalan kebaikan yang dilakukan seorang muslim baik di bulan ramadan atau di bulan lainnya juga termasuk sedekah. Seperti konsep sedekah Nabi Muhammad SAW, Setiap amal yang baik adalah sedekah bahkan beliau bersabda tersenyum kepada saudaramu adalah sedekah. Jadi, patutlah kita untuk bersedekah tanpa harus memikirkan punya banyak duit dahulu. Apalagi di bulan ramadan, bulan yang penuh berkah dan segala amalan kebaikan yang kita lakukan akan di lipat gandakan pahalanya.

Akhir kata, semoga goresan yang sedikit ini bisa menjadi pengingat, khususnya bagi saya pribadi dan keluarga. Sedangkan di sisi lain, semoga meninggalkan bekas dan menjadi pengingat bagi kaum muslim di mana saja berada. Yuk, bersedekah agar harta yang di amanahkan Allah menjadi berkah.

Makassar, 26 Mei 2015

18 komentar:

  1. Sedekah yang paling mudah itu senyum tapi jangan bikin kita pelit sedekah, ya.Kalau di Dunia maya, sedekahnya itu bisa dengan ga ngajak ribut teman di sosmed. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar bangad, gak boleh pelit kalau niatnya pengen sedekah.

      Hapus
  2. tersenyum lewat komen saat bw :) itu sedekah juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masuk sedekah juga, tapi akan lebih bagus lagi kalau di dunia nyata. Jadi lebih kelihatan gitu senyumnya dan orang bisa tahu mana senyum yang di paksakan, di buat-buat dan yang benar-benar tulus dari hati yang paling dalam.

      Hapus
  3. Iya nih...gambarnya sesuai banget.

    Bagi yang beriman, sedekah itu lahan untuk mendapat pahala berlebih.
    Tapi bagi yang tidak, pasti berpikir terus menerus soal sedekah karena dalam hatinya akan berkata hartaya akan berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk apresiasinya.

      Betul bangad, bagi yang tidak tulus dalam bersedekah pasti bakalan berpikir demikian. Apalagi yang bersedekah dengan tujuan untuk pamer kepada orang lain.

      Semoga kita semua terhindar dari sikap yang demikian.

      Hapus
  4. setuju mas, tangan di atas memang lebih baik dibanding tangan di bawah
    meski, pada kehidupan nyata terkadang sulit
    tapi, kalo ditelaah lebih jauh, sedekah itu memang banyak manfaatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit mungkin iya, tapi bukan gak mungkin untuk di coba perlahan-lahan agar menjadi sebuah kebiasaan.
      Iya benar, buat orang-orang yang sadar pasti akan mengatakan bahwa sedekah itu mendatangkan banyak manfaat.

      Hapus
  5. saling berbagi sedekah memang indah ya, semoga artikel nya menjadi ilmu dan pencerahan bagi semua orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, berbagi itu indah.
      Semoga saja. Amiiin...

      Hapus
  6. sedekah bisa memperlancar rezeki, jika ikhlas. gitu kan? :D

    BalasHapus
  7. selalu percaya dgn kekuatan sedekah dr dulu :) . Percaya bgt sedekah itu bnr2 bisa menghindari kita dr segala macam penyakit dan bahaya... apalagi kalo rutin dilakukan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh beruntung yah orang-orang yang percaya dengan sedekah.

      Hapus
  8. sangat bermanfaat mas tulisannya, manfaat sedekah tentunya banyak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's untuk apresiasinya. Benar sekali, sedekah memberikan banyak manfaat bagi orang yang mau melakukannya.

      Hapus
  9. makasih sudah diingatkan...saya sangat percaya dengan the power of sedekah :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, udah kewajiban untuk saling mengingatkan sesama.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...