Selasa, 05 Mei 2015

Membiasakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

Membiasakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang selalu bersih dan sehat. Karena dengan memiliki tubuh yang bersih dan sehat, maka setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan optimal dan sesuai dengan yang diharapkan. Namun, seringkali kita dihadapkan pada situasi yang kurang memungkinkan sehingga kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan tertunda. Salah satu kendala yang sering kita hadapi adalah masalah kesehatan.
 
Sadar atau tidak, kesehatan merupakan salah satu aspek yang langsung berhubungan dengan kehidupan manusia. Kita bisa menikmati hidup dengan nyaman jika memiliki badan yang sehat. Namun untuk mendapatkan badan yang sehat, kita perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini perlu dilakukan karena mengingat banyak orang yang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri masih saja ada yang lalai. Padahal, suatu hal yang berawal dari kelalaian, baik kecil atau besar akan berdampak bagi diri sendiri dan orang lain.

Bahkan, pemerintah pun lewat program dan kebijakannya mengajak kita untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya melalui program andalan yaitu; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang biasa di kenal dengan istilah PHBS. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan program tersebut, diharapkan agar kita dapat menerapkannya mulai dari lingkup terkecil, seperti diri sendiri maupun keluarga.

Manfaat perilaku Hidup Bersih & Sehat
Salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah cuci tangan pakai sabun. Kenapa di mulai dengan cuci tangan? Karena hal ini seringkali di anggap sepele. Jangan di negara-negara berkembang, di negara-negara maju pun hal ini sering lupa dilakukan. Kok bisa! Ya pasti bisa karena akarnya masalahnya adalah kurangnya praktek perilaku cuci tangan di kehidupan sehari.

Saat ini, diseluruh dunia tingkat kematian masih sangat tinggi akibat berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan air, sanitasi, perilaku hidup bersih dan sehat seperti rendahnya kebiasaan mencuci tangan pakai sabun.

Tangan merupakan pembawa utama kuman penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk diketahui dan di ingat bahwa perilaku cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular seperti diare, kecacingan pada anak, bahkan Flu Burung.

Saya yakin bahwa mencuci tangan merupakan salah satu perilaku sehat yang pasti sudah dikenal. Perilaku ini pada umumnya sudah diperkenalkan sejak kita masih kecil, baik oleh orang tua di rumah maupun di sekolah saat masih mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak sampai tamat Sekolah Dasar. Namun… pada kenyataannya perilaku ini masih belum menjadi budaya di kalangan dan biasanya hanya dilakukan saat kita mengingatnya saja.

Padahal mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat penting. Mengapa? Karena sabun sangat membantu menghilangkan kuman yang tidak tampak seperti minyak dan lemak, serta kotoran di permukaan kulit. Selain itu, dengan mencuci tangan pakai sabun dapat membuat tangan menjadi wangi, bersih dan segar. Namun, hal ini seperti ini tidak akan kita dapatkan jika hanya mencuci tangan dengan air saja.

Mengajarkan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar Pada Anak SD

Membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Untuk itu, kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu di ajarkan sedini mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak terbiasa dengan kebiasaan demikian, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa bahkan akan diajarkan kembali pada keturunan mereka.

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang perlu diajarkan sedini mungkin adalah perilaku sehat cuci tangan pakai sabun. Kebiasaan mencuci tangan perlu dibudayakan sejak masa kanak-kanak. Tujuannya adalah agar kebiasaan baik ini dibawa terus oleh anak-anak dan secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan individu. Oleh karena itu, dalam rumah tangga juga pendidikan kesehatan itu perlu diajarkan.

Namun, mencuci tangan pakai sabun saja masih belum di anggap cukup jika tidak memahami dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Hal ini mengingatkanku kembali ke masa-masa KKN saat mengajarkan PHBS pada anak SD bersama mahasiswi kedokteran. Kegiatan ini tepatnya berlangsung di sebuah desa bernama Lonrong dengan objek SD Negeri 201 Garanta, kecamatan Ujung Loe Bulukumba.
SDN 201 GARANTA, Ujungloe Bulukumba
Untuk lebih menarik, saya dan teman-teman mengemas langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar menjadi sebuah lagu. Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat anak-anak SD agar lebih tertarik lagi dengan perilaku pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, agar anak-anak dengan cepat dan mudah dalam mengingat langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

Adapun langkah-langkah mencuci tangan dengan baik dan benar dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Cara Cuci Tangan Yang Di Ubah Ke Dalam Sebuah Lagu, Dok. Pri
Gambar Peraga, Dok. Pri
Semuanya anak-anak antusias sekali, Dok, Pribadi
Lewat kegiatan PHBS ini pula, kami berharap agar anak-anak bisa menerapkan kebiasaan ini di lingkup sosial yang kecil seperti pada keluarga mereka atau pun di lingkup yang lebih luas lagi yaitu masyarakat.

Jadi… tunggu apalagi, mulailah untuk mengajarkan kegiatan sederhana pada anak anda seperti perilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan perilaku sehat cuci tangan pakai sabun setiap saat, baik sebelum atau setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, secara tidak langsung kita telah membudayakan perilaku cuci tangan pakai sabun.

Makassar, 5 Mei 2015

16 komentar:

  1. Gue cuci tangan nggak pake sabun kalau sebelum makan. Err cuma celup bersihin pake tangan terus dikibas kibasin.... Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ji, gue juga gitu. haha

      Hapus
    2. Hahaha.... ketahuan deh kebiasaannya.

      Hapus
    3. Yah.... ada juga yang ikutan di belakangnya, pada janjian ya mas.

      Hapus
  2. harus dibiasain tuh hal kecil kaya gitu, tapi gue gabiasa -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah... nyuruh biasain, tapi kok malah yang nyuruh gak biasa lakuin. Tepok jidat deh kalau gini.

      Hapus
  3. cuci tangan merupakan hal yg sangat sederhana sekali ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana namun terkadang di sepelekan.

      Hapus
  4. wah setuju nih , lagipula ada lagunya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Lagunya lumayan kan bu.

      Hapus
  5. terimakasih untuk tips pola hidup sehatnya

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-penyakit-liver/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bisa membawa manfaat.

      Hapus
  6. terimakasih untuk tips pola hidup sehatnya,,!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...