Sabtu, 18 April 2015

Yuk, Belajar Melestarikan Dan Ramah Pada Objek Wisata Yang Di Kunjungi

Gunung Rinjani dari Udara, Sumber : www.tanyoe.com
Indonesia merupakan salah satu negeri yang kaya akan objek pariwisata. Wisata Indonesia sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang membuat para wisatawan domestik dan mancanegara takjub. Beberapa objek wisata di Indonesia antara lain : Danau Toba, Candi Borobudur, Pulau Wakatobi, Raja Ampat Papua, Pulau Dewata Bali, Pulau Komodo, Pulau Sipora di Mentawai dan masih banyak lagi.

Semua objek wisata tersebut di atas memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, sehingga bisa memikat dan membuat para wisatawan takjub, bahkan berulang kali datang kembali ke objek wisata tersebut untuk menikmati keindahannya.
 
Keunikan dan daya tarik tersebut antara lain : Danau Toba yang terkenal akan keindahan alamnya, Candi Borobudur yang merupakan peninggalan jaman dahulu dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Pulau Wakatobi yang terkenal di mancanegara akan keindahan wisata bawah lautnya serta pasir putihnya, Raja Ampat Papua yang keindahan alamnya kurang lebih sama dengan Wakatobi.

Pulau Dewata Bali salah satu menjadi lokasi bulan madu paling eksotis dan terfavorit di dunia. Pulau Komodo yang belum lama ini masuk salah satu keajaiban dunia karena memiliki reptil terbesar di dunia. Dan Pulau Mentawai yang merupakan pemilik salah satu ombak terbaik di dunia dan menjadi salah satu objek favorit peselancar di dunia.

Namun, keindahan alam tersebut tak akan berarti apa-apa jika kita tidak memiliki kesadaran sendiri untuk merawatnya. Contohnya, eksotisme Pulau Dewata yang seringkali dikeluhkan oleh para wisatawan akibat sampah yang mengotori daerah pantai. Bukan hanya itu, Danau Toba yang kita kenal dengan keindahan alamnya, terancam rusak akibat penebangan pohon-pohon disekitar danau. Ancaman lain seperti kualitas air danau ikut tercemar, serta luas hutan disekitar danau menjadi berkurang.
 
Jika keadaan sudah seperti yang saya gambarkan di atas, saya yakin objek-objek wisata Indonesia yang sudah terkenal sampai mancanegara tersebut tidak akan bertahan lama. Untuk itu, sebagai warga negara yang baik, kita harus berusaha menjaga dan merawat apa yang di titipkan oleh sang pencipta kepada kita, salah satunya seperti objek wisata.

Oleh karena itu, marilah kita semua menjaga objek pariwisata kita agar jumlah wisatawan meningkat kembali. Selain itu, pariwisata merupakan salah satu aset bangsa ini, penambah devisa negara dan menjadi salah satu tempat mata pencaharian warga sekitar wisata. Untuk mendukung semua itu, cobalah anda praktekkan beberapa hal dibawah ini saat anda berada di salah satu destinasi wisata.

Pertama. Untuk menjaga agar kelestarian alam daerah wisata yang di kunjungi tetap terjaga dan indah adalah tentu saja dengan tidak membuang sampah sembarangan, baik itu sampah yang di bawa dari rumah maupun yang baru di beli dilokasi wisata.

Kedua. Usahakan untuk tidak berbuat jahil dan jangan sampai merusak apapun yang ada di sekitar tempat wisata yang anda kunjungi.

Ketiga. Tanamkan di dalam hati anda yang paling dalam sebelum berangkat ketempat wisata yang dituju bahwa tidak akan merusak, mencuri atau apapun yang bisa membuat keindahan objek wisata yang anda kunjungi menjadi berkurang.

Ke empat. Saat sampai ditempat wisata yang anda kunjungi, sebelum anda berkeliling menikmati keindahan tempat wisata tersebut, cobalah untuk meminta pengarahan mengenai aturan-aturan yang berlaku di tempat wisata yang dikunjungi.

Kelima. Jauhkan sikap acuh tak acuh yang selama ini melekat pada diri anda saat berada di tempat wisata yang anda kunjungi, jika ingin tempat wisata tersebut tetap terjaga keindahannya.

Ke enam. Budayakanlah untuk selalu melestarikan objek wisata yang anda kunjungi di mana pun anda berada.

Ke tujuh. Jika tidak bisa merawat dan menjaga, usahakanlah untuk tidak merusak apapun yang ada di lokasi wisata yang anda kunjungi.

Ke delapan. Ramahlah pada lingkungan sekitar wisata yang anda kunjungi.

Semoga beberapa hal yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat dan menjadi renungan bagi siapa pun yang membaca artikel yang saya tuliskan.

Makassar, 18 April 2015

12 komentar:

  1. Benar sekali sangat perlu kita menjaga dan melestarikan pariwisata indonesia dan jangan lupa untuk merawat lingkungannya supaya semakin indah.

    BalasHapus
  2. wajib di dukung nih mas.....sekarang hanya kampanye aksi nyata jarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali pak. Kampanye saja gak cukup kalau tidak dibarengi aksi nyata di lapangan.

      Hapus
  3. memang alam yang indah dan objek wisata yang menarik, harus dijaga, sayangnya orang Indonesia kemauannya kurang, seharusnya pelestarian alam harus lebih digalakkan lagi, supaya banyak orang yang sadar

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya seperti itu, tapi mau bagaimana lagi sebagian orang Indonesia berperilaku masa bobo dan maunya yang instan.

      Hapus
  4. kebayakan temoat wisata cumak buat tempat mojok ni klo yg gelap2 huahuahuaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketahuan nih biasa duduk di pojok kalau lagi ke tempat wisata. Hehehe...

      Hapus
  5. Sayangnya Danau Toba sekarang banyak ditumbuhi enceng gondok.. Penduduk di sana terkesan ngga mau tau :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesadaran masyarakatnya kurang ya. Sayang bangad, daerah wisata yang bagus begitu di biarkan gak terurus.

      Hapus
  6. semangat ,kalau bukan kita yang bertindak siapa lagi?
    eits ke sembilan sepuluh sebelasnya mana ,wkwkwkw

    Paket Wisata Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma segitu aja, gak pake sembilan sepuluh sampai sebelas. Yang sisanya saya rasa udah sering dilakukan oleh pemerintah.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...