Selasa, 14 April 2015

Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian Anda, Coba Tips Ini

Ternyata IPK tinggi bukan jaminan untuk langsung diterima kerja loh. Banyak faktor yang ternyata menentukan untuk bisa diterima kerja dengan gaji cukup dan fasilitas memadai. Belakangan ini, banyak yang mengeluh bahwa mencari kerja itu sulit.

Berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan pekerjaan impian anda.

Faktor 1 : Penampilan

Mau tidak mau, Anda harus mengakui bahwa penampilan adalah hal utama yang membuat pewawancara tertarik pada Anda. Bukan mau menjudge fisik ya, tetapi sederhana saja. Penampilan adalah hal pertama yang bisa dilihat dan dinilai, jadi wajar saja apabila memang selalu menjadi poin pertama Anda memperoleh panggilan kerja.

Dalam mengirim CV, usahakan untuk membuat foto diri menarik. Sedikit tersenyum bolehlah, karena Anda tak perlu mengirimkan foto tegang yang membuat Anda jadi tersingkir. Setelah mendapat panggilan interview, sesuaikan penampilan dengan posisi pekerjaan yang di apply, dan pastikan Anda berdandan rapi. Tidak perlu berlebihan, namun apabila saat bercermin Anda merasa percaya diri dan enak dilihat, Anda sudah mengantongi satu kesempatan lagi untuk diterima kerja. Nah, kalau soal penampilan sudah, cobalah untuk mengasah ke kemampuan Anda.
 
Faktor 2 : Respon cepat

Selalu pasang mata dan telinga, amati perubahan atau pesan apa yang dikirimkan dan wajib Anda tahu. Hal ini juga berlaku apabila orang yang mewawancarai anda melemparkan sebuah pertanyaan. Lebih baik jangan menjawab terlalu lama, dan berusahalah mencari jawaban smart. Sekalipun mungkin jawaban Anda benar, namun apabila terlalu lama hal ini akan mengurangi poin Anda. Anda dianggap seorang pekerja yang lamban responnya, dan mudah tersingkir oleh peserta interview lainnya.
 
Faktor 3 : Kontak mata

Sama pentingnya seperti penampilan, selalu jaga kontak mata ketika sedang melakukan wawancara. Apabila memang anda adalah tipe pemalu, usahakan sesekali saja membuang pandangan dari orang yang sedang melakukan interview dengan anda.

Faktor 4 : Kepercayaan diri

Kepercayaan diri juga salah satu faktor yang menentukan Anda bisa diterima bekerja. Mereka yang kurang percaya diri, terutama pada kemampuannya, justru langsung di coret dari daftar penginterview. Apalagi apabila Anda melamar di posisi front office, wah, percaya diri adalah bekal penting yang mendapat poin tinggi.

Faktor 5 : Menjawab smart

Berhubungan erat dengan respon cepat, Anda terlebih dahulu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang di inginkan serta posisi yang ingin dipilih. Informasi ini akan sangat membantu Anda dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Semoga tips singkat ini bisa bermanfaat dan meringankan beban anda yang telah berkali-kali melamar pekerjaan, tapi selalu saja di tolak dengan halus. Jika ada yang kurang berkenan dalam kalimat yang saya utarakan mohon di perbaiki dan di maafkan.  

Wassalam 
Makassar, 14 April 2015

10 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat, yang terpenting tentunya penampilan, karena penampilan pastinya yang pertama dilihat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bisa memberikan manfaat.

      Hapus
  2. penampilan penting, tapi menurutku kepercayaan diri lebih penting :)...semuanya menunjang performance pastinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semuanya tetap saling membutuhkan satu sama lain. Kalau salah satunya kurang maka akan terjadi kepincangan.

      Hapus
    2. ini tips lebih ke wawancara kerja ya :D

      Hapus
  3. Bolehlah di simpen dalam flasdis ingatan dulu nih tips. Suatu saat pasti bermanfaat. Sekaranh fokus blajar dulu aja. Hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...ya...ya. Fokus aja dulu buat belajar. Suatu saat pasti akan bermanfaat tipsnya. hehehe....

      Hapus
  4. wah tips bagus ne, untuk nanti cari kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa memberikan manfaat kawan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...