Sabtu, 11 April 2015

Dari Blog Menjadi Buku, Mungkinkah?


Dari Blog Menjadi Buku
Memiliki sebuah hobi adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Lebih-lebih lagi jika hobi tersebut berpotensi menjadi penghasilan tambahan sang empunya. Sebut saja salah satu di antara sekian banyak hobi di dunia ini adalah menulis. Entah aktivitas menulis dilakukan di blog, diary, atau berbentuk status sepertinya halnya yang sering kita lakukan di jejaring sosial masa kini.

Bagi saya, menulis adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan bisa membuat pikiran menjadi lebih positif lagi. Di satu sisi, menulis menjadi sebuah wadah untuk melepas kepenatan, sarana untuk menghibur diri dan melepaskan ide-ide yang selama ini membeku dalam pikiran akibat tidak tersalurkan dengan baik. Sedangkan di sisi lain, menulis juga bisa menjadi sebuah wadah untuk berbagi kepada sesama dengan harapan mampu memberikan manfaat dan menginspirasi banyak orang.

Bukan hanya itu saja, menulis juga mampu memberikan lebih banyak manfaat bagi yang melakukannya, seperti dapat menambah teman, secara perlahan-lahan mulai dikenal orang lain, dan masih banyak lagi. Bahkan berbagai hal tak terduga pun bisa kita temui hanya dengan modal menulis.

Akhir-akhir ini, saya seperti orang yang kecanduan ketika berhadapan dengan yang namanya menulis. Rasanya ada yang kurang jika tidak menelurkan satu tulisan setiap hari ke dalam blog yang saya miliki. Namun seiring berjalannya waktu, kecanduan tersebut seakan terasa kurang dan aku malah menginginkan sesuatu yang lebih lagi. Keinginan yang mungkin sama seperti halnya kebanyakan orang-orang yang aktif di dunia menulis.

Sebenarnya keinginan ini sudah lama saya impikan dan jauh sebelum aktif di dunia menulis. Namun karena kesibukan dan belum bisa membagi waktu, keinginan tersebut ikut meredup secara perlahan-lahan dan pergi entah ke mana.
 
Kini, impian tersebut bangkit kembali dan berawal dari kecanduanku akan aktivitas menulis. Dalam benak ini, terbayang-bayang untuk mengumpulkan catatan-catatan yang selama ini aku goreskan di dalam blog menjadi sebuah buku? Namun secara bersamaan muncul juga sebuah pikiran yang mungkin akan kembali menghambat impian tersebut. Dalam hati ini berkata Mungkinkah hal ini bisa terwujud? Sedangkan catatan-catatan kecil yang aku torehkan dalam blog ini belum tentu menarik bagi orang lain.

Selain itu, isi dari blog saya adalah tulisan-tulisan yang bisa dibilang campur aduk. Bagaimana tidak terlihat demikian? Aku kadang menulis sesuka hati, mengikuti tren, seputar catatan perjalanan, wisata dan lain sebagainya, serta kadang mengikuti mood. Sehingga menjadikan blog ini campur aduk bagaikan gado-gado kesukaanku.

Lagi-lagi, mungkinkah tulisan di blog ini menjadi sebuah buku? Entahlah, hanya waktulah yang akan menjawabnya!

Makassar, 11 April 2015

22 komentar:

  1. salah satu cita-citaku juga, suatu hari bukuku mejeng keren di rak Gramed, kapan ya hal itu bakal terjadi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja cita-citanya terwujud juga, sama seperti yang aku impikan.

      Hapus
  2. semoga tercapai mas tim! kenapa engga. \m/

    BalasHapus
  3. Semoga terwujud mimpinya , amiin :)

    BalasHapus
  4. Menurut saya bisa menjadi buku, soalnya tulisan mas bagus dan menarik, kalau dikumpulkan mungkin akan menjadi buku yang bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja demikian dan bisa kesampaian apa yang saya impikan.

      Hapus
  5. banyak yang sudah bisa , tentu dirimu juga bisa bang :D | gue tunggu buku lo yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Akan aku coba juga biar bisa seperti mereka yang sudah menghasilkan buku.

      Hapus
  6. Bisa jadi mas,apalagi menulis sudah menjadi hobi tersendiri bagi mas,pasti menulis akan lebih mudah dan hasil tulisannya pasti akan bagus dan bisa jadi buku.Semangat ya pasti bisa kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk apresiasi dan dukungannya. Insya Allah bisa dan dijamin bakalan selalu semangat.

      Hapus
  7. Blog itu kayak latihan kita nulis en bercerita, Bang. Ngga sedikit dari pihak penerbit yang nyari penulis baru lewat blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk semangatnya. Semoga saja bisa menjadi bagian dari penulis buku.

      Hapus
  8. in sha Allah bisa. asal kita tidak berhenti mencoba. semangat mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Aku pasti akan selalu semangat dan tidak akan berhenti untuk mencoba, mencoba, dan mencoba.

      Hapus
  9. kelak tulisan-tulisan itu akan menemukan jalannya sendiri... tak ada yg mustahil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja. Akan aku coba wujudkan impian yang terpendam ini suatu saat nanti.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Amiin... Semoga saja terkabulkan.

      Hapus
  11. Bisa kok, kenapa enggak. Cuma perlu dipilah-pilah supaya jadi satu tema besar dan perlu diedit juga. Dulu banget, saya pernah ngedit naskah blog yang mau dijadikan buku. Sayang di penulisnya cuma asal kopas dari blognya. Dalam satu artikel selalu saja ada "klik di sini", "Baca di sini" dan sebagainya. Di mana? :(

    Sepertinya saya yang terbalik ya. :) Nulis buku dulu baru rajin ngeblog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu saya coba kapan-kapan dan mulai memilah mana tulisan yang akan dijadikan buku.

      Wah, itu yang keren. Menulis buku dulu baru ngeblog.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...