Rabu, 01 April 2015

Aktif Bergerak Untuk Hidup Lebih Sehat

Aktif Bergerak Untuk Hidup Lebih Sehat
Tanpa disadari, kesibukan kadang membuat kita lupa akan pentingnya gaya hidup sehat. Padahal budaya hidup sehat bisa membawa kita pada kebahagiaan hingga tua nanti. Karena dengan tubuh yang sehat akan membuat kita mampu beraktifitas dengan maksimal dan mampu merasakan nikmatnya hidup.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satunya adalah dengan tetap berusaha untuk selalu menjadi orang yang aktif bergerak. Dengan menerapkan kebiasaan seperti ini, akan membuat kita memiliki banyak kesempatan melakukan berbagai hal positif, misalnya olahraga.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali saya mengamati orang-orang yang aktif bergerak. Dari hasil pengamatan tersebut, saya menyimpulkan bahwa orang yang aktif bergerak rata-rata selalu kelihatan sehat, bugar dan memiliki umur yang panjang. Setuju atau tidak, itulah yang saya peroleh dari hasil pengamatan sehari-hari.

Dan dari pengamatan tersebut pula, ada beberapa aktifitas yang menurut saya mudah dilakukan, tidak memakan biaya banyak, dan bisa membuat kita memiliki tubuh yang sehat. Kuncinya hanya satu, yaitu konsisten dalam menjalankannya. Berikut beberapa aktifitas yang bisa dilakukan dengan mudah dengan biaya yang murah.

Aktif Bergerak di Rumah atau Kost

Gak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Mengapa? Karena hal itu sebenarnya bisa kita dapatkan dalam lingkungan rumah sendiri atau tempat nge-kost. Sadar atau tidak, dalam rumah sendiri banyak kegiatan yang bisa membuat kita untuk tetap aktif bergerak. Kegiatan tersebut bervariasi, mulai dari mencuci pakaian secara manual alias pakai tangan, setelah itu di jemur sendiri sampai disetrika sendiri bila sudah kering dan di ambil dari jemuran.

Hal lain yang bisa kita lakukan juga, yaitu melakukan pekerjaan bersih-bersih (menyapu dan mengepel), sekali-sekali membantu pekerjaan di dapur, mencuci kendaraan yang kotor entah itu motor atau mobil di punya. Dan bila masih ada waktu dan sempat dilakukan, buat kaum adam masih melakukan olahraga di rumah juga seperti push up, sit up, pull up, angkat barbel jika ada, loncat-loncat atau lompat tali, serta lari ditempat. Kesemuanya tinggal niat dan kemauan dari masing-masing individu.

Jalan Kaki

Pejalan Kaki (Bule), Dok. Pribadi
Aktifitas yang satu ini seakan sudah hilang ditelan bumi. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang membuat setiap orang jadi malas untuk melakukannya. Sebagai contoh : menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat saat ingin berbelanja di supermarket yang jaraknya kadang hanya 100-150 meter saja dari tempat tinggal. 

Seharusnya kita merasa malu dan bisa mencontoh wisatawan asing (bule) yang dalam kehidupan sehari-sehari kita temui selalu berjalan kaki. Jangankan sama bule, di negeri sendiri kita bisa mencontoh penduduk kampung yang aktif berjalan kaki bahkan sampai berkilo-kilo jaraknya. Gak percaya! Aku sendiri mengalaminya bahkan setiap pulang kampung masih aku terapkan.

Padahal berjalan kaki juga bisa memberikan banyak manfaat bagi yang melakukannya. Hanya dengan berjalan kaki minimal 30-45 menit sehari dan rutin dilakukan 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit metabolik, seperti diabetes melitus, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung koroner. Itu baru contoh kecilnya saja, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika kebiasaan berjalan kaki rutin dilakukan.

Jogging

Untuk aktifitas yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat dan sering dijadikan kegiatan rutin di akhir pekan, khususnya masyarakat perkotaan. Namun tidak ada salahnya mengulas kembali karena jika diperhatikan masih banyak juga masyarakat yang enggan melakukannya. Padahal jogging juga memiliki banyak manfaat, baik dari segi fisik maupun psikis. Berikut ulasan mengenai manfaat jogging :
1. Manfaat fisik. Karena jogging ini masuk kategori olah raga kardiovaskular, maka olah raga ini sangat baik untuk membakar lemak. Dan jika dilakukan secara rutin, maka olah raga ini akan dapat menurunkan berat badan secara efektif. Ingat! setiap pembakaran membutuhkan oksigen, begitu juga jika anda ingin membakar lemak anda, maka dibutuhkan aliran oksigen yang cukup deras di seluruh tubuh dan itu hanya bisa diperoleh dengan olah raga kardiovaskular.

Selain membakar lemak, jogging dapat memberikan ketahanan stamina, anda tidak cepat lelah dan juga tidak mudah terkena sakit. Tulang anda semakin padat sehingga anda terhindar dari penyakit keropos tulang. Selain itu, metabolisme tubuh anda tentunya juga semakin baik karena kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh menjadi semakin baik.

2. Manfaat dari segi psikis. Para penggiat jogging ini akan lebih percaya diri karena telah dapat mengalahkan rasa malas di pagi hari saat bangun tidur. Atau dengan perkataan lain, mereka telah berhasil memulai hari dengan langkah-langkah berat mereka. Sehingga diharapkan waktu sisanya di hari tersebut akan dapat dilalui dengan langkah yang ringan.

Selain itu, para jogger pagi akan selalu berpikir positif dan optimis. Bagaimana tidak, mereka dapat memulai hari dengan aktifitas yang sangat positif dan dalam melakukan persiapan sebelum berangkat jogging, mereka selalu berpikir bahwa “Dunia akan menerimaku”. Di saat orang lain masih terbuai dengan indahnya mimpi, orang yang melalukan jogging di pagi hari sudah menghirup segarnya udara pagi, mendengar kicauan burung-burung serta memperoleh keringat di sekujur tubuhnya. Dengan demikian orang yang telah melakukan jogging di pagi hari selalu merasa yakin bahwa hari tersebut akan dilalui dengan mudah.

Ilustrasi, Sumber : www.purmovent.com
Manfaat lain didapatkan dari jogging adalah anda akan menjadi manusia yang tahan banting sekaligus manusia yang tabah. Bagaimana tidak, pada saat usaha keras ber-jogging ini dilaksanakan, banyak sekali godaan yang dapat melunturkan motivasi anda, mulai dari rasa ngantuk, lelah, keraguan akan tujuan jogging itu sendiri, sampai kepada hilangnya waktu yang harus anda korbankan. Tapi dengan usaha yang keras untuk dapat menyelesaikan setiap sesi jogging tersebut, menjadi suatu bukti bahwa anda mampu menjadi manusia yang tabah dan sabar.

Selain beberapa aktifitas diatas, masih ada lagi beberapa aktifitas lain yang mungkin bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Aktifitas ini sedikit merogoh kocek, namun hasilnya lumayan memuaskan dan bahkan memuaskan sekali. Aktifitas yang saya maksud adalah bersepeda dan berlatih di tempat Gymnastic.

Untuk latihan di tempat gymnastic, saya sudah melihat sendiri hasilnya dari beberapa teman yang sudah duluan melakukannya. Untuk saat ini, saya masih menerapkan ketiga aktifitas yang sudah dijelaskan di atas. Maklum saja belum memiliki dana untuk berlatih ditempat gymnastic, hehehe….

Demikian beberapa aktifitas yang dapat membuat kita untuk selalu aktif bergerak dan dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang murah. Yuk! Biasakan untuk selalu aktif bergerak, karena hal itu bisa membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar serta bisa mendapatkan kebahagiaan hingga tua nanti. Semoga pengalaman yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya.

Makassar, 1 April 2015

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya bro. Ada tuh di paragraf ketiga dari terakhir. Cuma gak saya bahas lebih detail.

      Hapus
  2. jalan pagi dan silat olahraga yang kurutinitas tiap hari . kalau untuk sehat buatku mas .
    sekalian jaga fisik mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan pagi juga bagus selama dilakukan dengan rutin setiap hari.

      Hapus
    2. Kali ini 2 jempol buat mas Fajar.

      Hapus
  3. ah, ampir 2 tahun aku gak aktif bergerak, jadi aja endingnya perutnya mulai membengkak plus cepet lelah :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti endingnya jadi orang yang sejahtera dunk, buktinya tuh... perutnya mengalami peningkatan, hehehe....

      Hapus
  4. Bergerak yaaa? Karena gue masih pelajar yg suka telatan. Tapi dikit. Gue bisa aktif bergerak. Lari bersihin taman. Haha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... tuh bergerak apa mau bikin kekacauan.

      Hapus
    2. bikin kekacauan biasanya dia mas hhaha

      Hapus
    3. Sepertinya begitu. Hahaha....

      Hapus
  5. Alhamdulillah pekerjaanku menuntutku untuk terus bergerak. Jadi meskipun nggak bisa joging, pekerjaanku setara dengan joging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak dunk dapat pekerjaan seperti ini. Sekali bergerak bisa dapat banyak manfaat, gaji dapat plus tubuh tetap sehat.

      Hapus
  6. kalau saya sering sekali jalan kaki, hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan kaki juga banyak manfaatnya mas selama rutin dilakukan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...