Rabu, 11 Maret 2015

Mengenang Kembali Masa-Masa KKN

Saya, Teman-teman dan Pak Desa, Sumber : Dokumen Pribadi
Gak terasa, waktu begitu cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin masa-masa itu aku lalui bersama teman-teman di posko. Begitu banyak kenangan tersimpan dalam memory ini, hingga membuatku merindukan kembali masa tersebut. Entah bagaimana dengan teman-teman yang pernah satu posko denganku. Atau hanya aku sendiri yang merindukannya.

Hari ini, hampir setahun sudah waktu itu berlalu. Banyak pengalaman dan pelajaran yang terserap ke dalam diri ini. Yang mana menurutku pengalaman tersebut belum diajarkan di kampus saat mengikuti perkuliahan. Kesemuanya aku dapatkan sewaktu mengikuti KKN.

Bagiku, semua pelajaran dan pengalaman yang aku dapatkan saat KKN sangat bermanfaat sekali. Lewat KKN, aku di tempa kembali dengan ilmu baru dan harus memulai dari nol. Dengan lingkungan yang berbeda tersebut, aku belajar bermasyarakat, belajar menghargai sesama, secepat mungkin bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di mana aku berada, bahkan belajar untuk menerapkan ilmu yang telah aku peroleh saat mengikuti perkuliahan.

Saat bersama teman-teman di posko, perasaan egois merupakan hal wajib untuk di buang jauh-jauh. Yang ada dan wajib di ingat hanyalah kebersamaan, gak peduli siapa pun orangnya dan jurusan apa yang di ambil. Karena semuanya masih berada dalam satu almamater yang memiliki visi dan misi sama yang wajib di pegang teguh.

Selain itu, terhadap sesama almamater harus saling membantu, saling mengingatkan, bahkan berbagi satu sama lainnya. Terkadang, segala permasalahan pun harus di selesaikan secara bersama-sama, selama masalah yang di hadapi bukan masalah pribadi. Berbagai jadwal kegiatan juga kami buat dan diputuskan secara bersama. Setelah semuanya sepakat, maka wajib hukumnya untuk di laksanakan oleh setiap individu.

Walaupun sudah hampir satu tahun berlalu, aku masih mengingat dengan jelas semua kenangan tersebut. Ada satu hal yang membuatku mengenang kembali masa-masa itu, di mana setelah kurang lebih dua bulan kegiatan KKN berjalan, kami semua menjadi begitu akrab seperti saudara kandung.

  Makassar, 11 Maret 2015

30 komentar:

  1. Balasan
    1. Bukan, angkatan veteran yang hampir jadi mahasiswa abadi.

      Hapus
  2. masa-masa kkn memang selalu menjadi cerita unik dan menyenangkan.. layak utk dikenang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Gak salah ternyata yang dikatakan oleh para pendahulu bahwa KKN itu merupakan mata kuliah paling menyenangkan.

      Hapus
  3. Seru ya KKN, aku jaman kuliah ngga pake KKN, tapi praktek kerja, D3 soalnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan, bisa belajar banyak hal dan serasa seperti pulang kampung aja.

      Hapus
  4. saya belum KKN gimana ya rasanya KKN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru Mba Imerlina, serasa pulang kampung. Sering di kunjungi anak-anak, berbaur dengan masyarakat seperti halnya di kampung halaman.

      Hapus
  5. seru banget emang kalo nginget KKN banyak ceritanya...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cinlok kan Mba Dewi, kaya teman aku satu posko. Tapi sayang malu-malu orangnya, hehehe....

      Hapus
  6. hemmm, masa masa yang indah ya mas -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mas, bisa di jadikan sebagai bagian dari liburan sambil belajar.

      Hapus
    2. kenangan terindah yang harus disimpan buat kita ceritakan sama anak anak nanti. :)

      Hapus
    3. Iya, tepat sekali. Bakalan menjadi kenangan yang akan menjadi cerita saat tua nanti, baik kepada anak-anak atau pun cucu-cucu kelak.

      Hapus
  7. Saya ga punya kenangan KKN. Pas jaman saya kuliah, program KKN di jurusan sudah dihapus. Kenangannya jadi kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya Mba Efi. Padahal seru loh program KKN, banyak kenangan yang tertinggal.

      Hapus
  8. walaupun saya ga pernah ikut KKN api udah kebayang enaknya KKN....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... KKN itu seru pak, banyak ilmu yang di dapat dan menjadi bekal para sarjana muda untuk terjun ke dalam dunia bermasyarakat.

      Hapus
  9. Masa masa kkn tu emang sesuatu, seru, nano nano, ada seneng kesel capek. Capek bikin laporan..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di situlah enaknya KKN, rasa senang dan kesal yang telah menyatu merupakan hal yang jarang di temukan saat kuliah.

      Kalau sekarang laporan yang di buat gak perorang lagi, tapi udah sekaligus perkelompok.

      Hapus
  10. banyak hal yang di dapat dalam KKN, terutama pengalaman bermasyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang di ddapat untuk masyarakat. dari masyarakat kita juga banyak mendapatkan ilmu, terutama untuk mendukung peningkatan mutu keilmuan kita dengan cara pendekatan emosional...ok menarik dan menginspirasi. terima kasih dan salam sahabat blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, keduanya harus bisa di padukan menjadi satu kesatuan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang di harapkan.

      Salam Sahabat Blogger.

      Hapus
  11. Dulu aku malah ga ad kkn di jurusanku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya. Berarti tiap kampus beda-beda ya...

      Hapus
  12. Aku juga nih walopun blum lulus kuliah tapi emang di kampusku ga ada kkn hehehe jadi pengen ngerasain kkn gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ganti sama praktek kali mas, makanya gak ada KKN.

      Hapus
  13. kapan-kapan kalo KKN ajak-ajak dong biar seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh. Nanti aku ajak deh...

      Hapus
  14. paling enak masa KKN. Saya baru-baru ini selesai KKN bulan September kemarin dan sampe sekarang masih sering ketemu dengan teman dari jurusan lagi. Dulu sewaktu KKN saya mi itu bisa dibilang penjelajah posko. Waktu memang singkat tapi keakraban yang dibangun berjuta rasa ersirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, seru dan menyenangkan. Keakraban yang terjalin membuat anggota satu posko sudah seperti satu keluarga.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...