Jumat, 27 Februari 2015

Peringatan Khusus Kaum Hawa : Hati-Hati Mengupload Foto Selfi Anda

Hati-Hati Mengupload Foto Selfi
Tak bisa di pungkiri bahwa keberadaan teknologi telah banyak membantu kita. Apalagi di jaman modern seperti saat ini, semuanya seakan jadi serba tersedia dan serba mudah. Bahkan bisa di katakan hampir semua yang kita inginkan dapat terwujud dengan segara. Jauh atau dekat pun bukan lagi menjadi sebuah masalah, begitu pula dengan waktu.

Kehadiran teknologi seakan telah menghipnotis semua penggunanya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bahkan sudah uzur sekali pun. Jaman sekarang bisa dikatakan teknologi tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Di mana pun berada atau mau ke mana pun, teknologi selalu menemani. Kadang kehadiran teknologi juga seperti membuat kecanduan para penggunanya.
 
Tak jarang kita lihat orang-orang yang begitu kecanduan akan kehadirannya. Namun banyak juga yang terpana akan kehadirannya. Ada yang merasa seperti mendapatkan mainan baru, bahkan tidak sedikit pula yang merasa terbebas dari kekangan setelah mengenal teknologi.

Dengan adanya teknologi, kita bisa melakukan apa saja yang di inginkan. Misalnya, ingin memperlihatkan kreativitas yang kita miliki kepada semua orang agar bisa dikenal. Entah itu sebagai artis, design grafis, arsitek, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan teknologi, kita bisa mewujudkan semuanya dalam sekejap dan ketenaran bisa dengan mudah didapatkan. Itu pun kalau memang sudah ditakdirkan dan memang rejeki kita, hehehe....

Namun, keberadaan teknologi juga bisa memberikan dampak negatif maupun positif. Semuanya kembali kepada penggunanya, jalur mana yang akan di pilih. Ngomongin soal dampak adanya teknologi, kali ini saya akan berbagi salah satunya dengan harapan agar kita semua lebih berhati-hati lagi dalam menggunakannya.

Pengalaman ini saya dapatkan sekitar akhir desember tahun 2014, tepatnya akhir minggu terakhir sebelum memasuki tahun baru. Ketika itu saya membuka salah satu akun media social, yaitu Facebook. Semua sudah pada kenal donk dengan social media yang satu ini. Saat sedang asyik berselancar, tanpa sengaja saya menemukan sebuah status yang dibagikan oleh salah satu teman. 

Status yang dibagikan merupakan sebuah peringatan dan di khususkan buat kaum hawa. Dalam status tersebut ditulis kurang lebih seperti di bawah ini : 
"Peringatan buat sahabatku kaum wanita....
 

Hati-hati dan selalu waspada!!!!! 
Info penting, Khususnya Untuk Para Wanita!
Hati-hatilah, foto anda kini bisa dibugilkan! Kepada para pengguna sosial media Google Plus dan lain-lain, Berhati-hatilah dalam mengunggah foto diri agar tidak menjadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bisa menelanjangi tubuh anda.

Ketahuilah, di dalam Photoshop ada tools editor yang bisa untuk edit foto anda, tool ini bisa membuat gambar anda yang berpakaian menjadi bugil atau nampak telanjang. Lebih mudah jika baju yang dipakai berwarna putih.


Jadi bagi wanita, di sarankan agar tidak meng-upload foto anda di facebook, twitter, Google Plus dan lain-lain dengan keadaan penuh seperti gambar ini. Ambillah gambar di atas dada saja.
Dan juga, jangan pakai baju putih karena editor akan lebih leluasa untuk edit gambar anda."


Untuk lebih jelasnya, berikut ilustrasi gambarnya yang di download dan telah saya edit lagi di corel draw mumpung sedikit tahu dasar-dasarnya. Maklum gak tahu menahu tentang photoshop, hehehe....
Sumber Ilustrasi : Facebook Mas Kanjeng

Dengan Adanya peringatan tersebut di atas, semoga kita semua lebih berhati-hati lagi dalam berfoto selfi. Apalagi foto tersebut nantinya bakalan di upload ke media social, seperti facebook, twitter, path, instagram, dan lain sebagainya. 

Menurut saya pribadi, peringatan tersebut bukan hanya berlaku untuk kaum hawa saja. Demi menjaga hal-hal yang tidak di inginkan di kemudian hari, maka kaum ada juga perlu untuk waspada. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya kaum hawa yang bisanya paling rajin berfoto selfi dan menguploadnya di media social yang di miliki.


Makassar, 27 Februari 2015

Catatan :
*Sumber informasi ini diperoleh dari facebook Mas Kanjeng pada tanggal 4 Juni 2014 dan bisa anda lihat di sini kutipan aslinya*

4 komentar:

  1. dengan maraknya gaya berselfie ria.. mestinya tetap ada kewaspadaan ketika membaginya di ruang maya sebab selalu ada sisi negatifnya walau hal positifnya tentu jg ada terlebih setelah membaca artikel di atas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Tingkat kewaspadaan harus tetap ada, bila perlu menyaring terlebih dahulu mana yang akan dibagikan ke dunia maya. Tentu setelah memikirkan konsekwensi, baik dari sisi positif atau pun negatifnya.

      Hapus
  2. memang sekarang jaman udah serba canggih, apa aja bisa diedit, jadi pikir-pikir lagi nih kalau mau upload foto ke social media

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... harus tetap di pikirkan kembali sebelum memposting sesuatu di media sosial, khususnya foto. Semoga informasinya bisa memberikan manfaat. Salam

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...