Senin, 28 Desember 2015

Sekilas Tentang Makassar

Sekilas Tentang Makassar
Pantai Losari Via http://laylawaty.blogspot.co.id
Makassar merupakan salah satu kota besar yang berada di luar Pulau Jawa. Meski luasnya tidak sebesar kota metropolitan di Jawa, warga Makassar tetap harus bangga karena kota ini menyandang predikat sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi. Pertumbuhan infrastrukturnya terbilang cepat dan sangat pesat, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kota yang menarik untuk di kunjungi, baik itu sebagai tujuan investasi, bisnis, dan atau wisata.

Minggu, 20 Desember 2015

Menulis Sebagai Investasi Masa Depan

Ilustrasi
Apa sih enaknya MENULIS? Buat tangan capek saja!

Saat mendengar kalimat tersebut, aku hanya bisa tersenyum dan geleng-geleng kepala. Sedangkan dalam hati, aku berkata "Duh... sungguh sebuah pemikiran yang dangkal. Belum mencoba, tapi sudah kalah duluan, mengambil kesimpulan negatif dan bikin geli saja". Ingin rasanya aku tertawa sekencang-kencangnya ketika itu.

Sabtu, 19 Desember 2015

Mencari Jejak Sejarah Di Benteng Fort Rotterdam




Benteng Fort Rotterdam
tumpangi  siang itu melesat dengan cepat meninggalkan parkiran. Kini kami akan menuju destinasi selanjutnya, yakni Benteng Fort Rotterdam.

Ketika mobil tidak jauh lagi dari jembatan saat kami masuk, tiba-tiba sang sopir menghentikan mobil yang ia kemudikan. Salah seorang dari kami pun bertanya, kenapa berhenti pak? Namun ia tak langsung menjawab, malah bertanya pada beberapa anak-anak yang kebetulan juga pas berada di samping mobil. Mendengar pertanyaan yang diajukan kepada anak-anak tersebut, kami pun langsung paham. Ternyata ia mencoba mencari jalan pintas karena kalau lewat jalan yang sama seperti saat kami datang, maka dijamin bakalan kena macet.

Jumat, 18 Desember 2015

Menyusuri Kepingan Sejarah Yang Tersisa Di Benteng Somba Opu

Sumber : Facebook Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri
Materi demi materi telah kami terima. Tak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 14.00 Wita sekaligus merupakan sebuah pertanda bahwa kegiatan hari itu akan memasuki puncaknya. Sedangkan disisi lain, juga sebagai sebuah sinyal kepada seluruh peserta “Workshop TravelNBlog 5” untuk mempraktekkan ilmu yang di curi dari para kakak-kakak pemateri hari itu, yang ibarat kata Syahrini “Kece Baday”. Uuuulalaaa....

Bagaimana Menuliskan Sebuah Cerita Perjalanan Yang Menarik?

Sumber : Slide yang di kirim TravelNBlog ID lewat email
Setelah materi pertama mengenai “Travel Blogging” usai, kini aku dan peserta lainnya bersiap untuk menerima materi selanjutnya yang menurutku gak kalah menarik juga. Kali ini yang akan membawakan materi adalah seorang lelaki. Ia memiliki ciri khas suka bercerita panjang di blog dan terkenal akan gaya berceritanya yang enak dibaca. Menariknya, ternyata sebagian peserta yang ikut workshop adalah fans-nya.

Siapakah dia? Ada yang tahu!

Kamis, 17 Desember 2015

Apa Itu Travel Blogging?

Sumber : Facebook Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri
Seperti yang sudah aku ulas sebelumnya, dibalik terdaftarnya aku sebagai salah satu peserta “Workshop TravelNBlog 5”, terdapat serangkaian drama dan juga peristiwa yang lumayan menguras energi dan pikiran. Bahkan jantungku sampai berdetak kencang karena dibuat deg-degan, panik, dan penuh harapan. Menariknya, aku juga masih sempat mengharapkan keajaiban datang.

Untungnya, segala usaha dan penantianku membuahkan hasil serta berakhir dengan perasaan lega dan bahagia. Maklum saja, demi sebuah hobi.

Senin, 14 Desember 2015

Cerita Dibalik Terdaftarnya Aku Jadi Peserta TravelNBlog 5

Maaf Gambarnya Aku Potong, Sumber : www.lucianancy.com
Selalu saja ada yang menarik setiap kali mendengar bahwa akan ada sebuah pelatihan di kota aku tinggal saat ini. Entah pelatihan itu dikemas dalam bentuk seminar, workshop, maupun semacamnya. Terlebih lagi hal tersebut berhubungan dengan hobi yang sedang atau baru dijalani. Misalnya, menjadi seorang backpacker, traveller, pecinta kuliner, blogger, atau memiliki dua hobi sekaligus seperti travel blogger.

Ngomongin soal hobi, pelatihan dan sebangsanya, belum lama ini aku punya hobi baru. Yang mana semua berawal dari ketertarikanku akan seputar aktivitas yang dilakukan seorang teman, yakni menulis di blog. Dari ketertarikan tersebut kemudian berlanjut pada ikut-ikutan, setelah itu jadi ketagihan dan akhirnya sekarang malah menjadi hobi baru.

Yah... begitulah awal mula aku mengenal dunia menulis dan juga blogging.

Sabtu, 12 Desember 2015

Kisah Pria Yang Dipaksa Menikah Dengan Gadis "Cantik"

Nuri Maulida, Dok. Tribunnews/Jeprima
Jodoh, rejeki, sukses, gagal, hidup, dan mati, hanya Tuhan yang tahu. Mungkin gara-gara itulah kenapa sampai hidup itu penuh dengan misteri. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha dan meminta kepada-Nya agar setiap yang kita lakukan diberikan kemudahan. Di sisi lain, kita juga harus bisa menjadi orang yang sabar dan pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Tak hanya itu saja, kita juga harus yakin dan percaya bahwa apa yang kita lakukan suatu saat nanti pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Bicara tentang balasan yang setimpal, aku jadi teringat akan sebuah kisah yang penuh dengan inspirasi. Sebuah kisah yang ternyata belakangan ini malah jadi sebuah tren disalah satu media sosial, tepatnya Facebook. Saking menginspirasi, hampir setiap hari aku menemukan kisah ini dibagikan oleh pengguna facebook di dindingnya masing-masing.

Lalu seperti apakah kisahnya? Berikut aku lampirkan ceritanya di bawah ini. Semoga ada manfaatnya buat pembaca sekalian!

Kamis, 10 Desember 2015

Kisah Seorang Istri Mencari Cinta Sejati

Percaya atau tidak, hidup itu penuh dengan misteri. Apa yang terjadi hari ini, esok, dan seterusnya tidak ada yang tahu. Selain penuh dengan misteri, tak jarang juga kita disuguhkan dengan berbagai kejutan yang tak terduga. Semua itu tentu atas ijin dari Yang Maha Kuasa, Sang Pencipta Alam Semesta ini. Karena tanpa DIA, apalah artinya semua usaha yang kita lakukan selama ini.

Berkat DIA, tidak ada yang namanya mustahil, selama kita mau memohon dan meminta kepada-Nya setiap kali memanjatkan do'a. Apapun itu, termasuk dalam urusan CINTA.

Jumat, 04 Desember 2015

Cantik Itu Relatif

Senin sore empat hari yang lalu, aku yang lagi bete karena sendirian dirumah memutuskan untuk berkunjung ke kost salah satu teman yang tak jauh dari rumah. Saat sampai di kost yang aku tuju, ternyata sudah ada beberapa teman juga disana. Mereka semua lagi asyik ngobrol, bercanda, dan juga baru selesai melakukan acara kecil-kecilan. Melihat suasana yang begitu santai dan happy, aku langsung saja ikut berbaur dengan mereka.

Sebelum obrolan di lanjutkan kembali, tiba-tiba salah seorang penghuni kost datang menghampiri kami dengan membawa sesuatu yang dibungkus dalam kantong hitam. Tanpa menunggu diperintah sama yang empunya, segera saja kami melihat isi kantong tersebut. Seketika wajah kami menjadi bersinar seketika seperti lampu Philips 5 watt karena ternyata isi kantong tersebut adalah mangga. Ya... mangga yang dipetik dari halaman rumah si empunya.

Kamis, 03 Desember 2015

Penghuni Baru Yang Malu-Malu, Tapi Ingin Dimanja

Hari ini, seperti biasanya aku kembali menjalankan aktivitasku seperti kebanyakan orang yang sudah bekerja. Setelah mengantar ibu pagi-pagi ke pasar untuk belanja pesanan orang di kampung, aku langsung menuju lokasi proyek untuk memastikan apakah para tukang dan buruh masuk kerja, atau ada lagi yang di alihkan ke tempat lain.

Entah kenapa, hari ini aku merasa ngantuk bangad. Aku pun jadi bertanya-tanya dalam hati, apakah karena pengaruh susu yang aku minum satu jam sebelum menuju lokasi proyek atau karena hal lain. Bahkan sempat juga berpikir begini : "Duh... hari ini kok berbeda dari hari-hari sebelumnya. Kok aku merasa ngantuk bangad, padahal hari-hari sebelumnya biasa begadang dan tidak merasa seperti ini. Ada apakah dengan hari ini?"

Senin, 30 November 2015

Agenda Desember-Januari : Solo Tour Ke Tiga Kota di Indonesia

Saatnya Rencanakan Liburan
Duh... aku baru sadar kalau hari ini ternyata adalah hari terakhir dari bulan November. Begitu cepatnya waktu berlalu, rasanya awal bulan seperti baru kemarin. Mungkin diri ini yang kelamaan tidur dan terbuai dalam mimpi indah selama sebulan penuh. Atau karena pengaruh halusinasi yang berkepanjangan akibat kelamaan jauh dari si do'i. Ah... entahlah, aku sendiri juga bingung!
 
Tak terasa, tinggal beberapa jam lagi bulan Desember siap menyapa kita semua. Karena bulan Desember sudah siap menyapa, pasti semuanya sudah pada punya rencana kan untuk bulan Desember nanti. Atau masih mikir-mikir mengenai rencananya untuk bulan Desember. Jangan bilang masih ada yang pasrah dan menyerahkan semuanya kepada yang maha kuasa serta waktu yang berputar.

Minggu, 29 November 2015

Kala Blogger Dan Jurnalis Berada Dalam Satu Meja


Dokumentasi Admin BRID (Kang Arul)
Menjadi seorang blogger itu ternyata sangat menyenangkan dan juga banyak manfaatnya. Ah... coba saja dari dulu aku tahu hal ini, pasti gak akan aku sia-siakan begitu saja. Namun apa daya, penyesalan selalu datangnya belakangan dan tak ada lagi gunanya untuk meratapi hal tersebut. Yang lalu biarlah berlalu, kini saatnya untuk menghias masa depan dengan karya indah dan menggunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Setuju gak!

Salah satunya dengan menjadi seorang blogger. Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, bahwa menjadi blogger itu sangat menyenangkan dan banyak manfaatnya. Contohnya, seperti pengalaman yang aku rasakan saat akhir pekan 2 bulan yang lalu. Dimana semua itu bermula dari kunjunganku ke galeri Indosat Makassar, yang beralamat di jalan Slamet Riyadi.

Sabtu, 28 November 2015

Asyiknya Seru-Seruan di Hari Ulang Tahun Komunitas Blogger Anging Mammiri

Tiga hari yang lalu, tepatnya Rabu tanggal 25 November 2015, aku kembali merasakan pengalaman unik seperti sehari sebelumnya. Bedanya, pengalaman hari itu terjadi saat malam hari, yakni setelah pulang dari tempat kerja dan juga beberapa jam setelah terbebas dari kemacetan kota.

Seperti biasa, setiap kali pulang dari kerja, aku segera membersihkan diri dari kuman-kuman dan juga bau keringat yang menempel dibadan setelah seharian bergulat dengan dunia konstruksi, serta berada dibawah terik matahari yang begitu menyengat. Maklum saja, masih pemula dalam dunia konstruksi dan jadi kontraktor kecil-kecilan sama seperti dunia menulis dan nge-blog yang aku tekuni saat ini.

Senin, 23 November 2015

Arsitek dan Drafter Itu Beda

Arsitek dan Drafter Itu Beda
Arsitektur Via news.indonesiakreatif.net
Hari ini, setahun yang lalu, di salah satu media sosial yang aku miliki tersimpan sebuah kenangan yang tidak bisa kulupakan. Sebuah kenangan yang membuatku jadi tersenyum jika mengingatnya kembali dan berkat hal tersebut, aku jadi sadar bahwa segala sesuatunya harus dimulai dari bawah, harus banyak belajar, tidak gampang mengeluh, dan juga tidak boleh membanding-bandingkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Minggu, 22 November 2015

Sejarah Masuknya Freeport Ke Indonesia Part 1


Sejarah Masuknya Freeport Ke Indonesia Part 1
Sumber Gambar : www.kabarnet.in
Sekembalinya dari Irian, Freeport dan East Borneo Company meneken kontrak kerjasama untuk eksplorasi lebih lanjut. Almanak mencatat tanggal itu pada 1 Februari 1960. 

Sementara itu, di Indonesia, Presiden Soekarno telah habis kesabarannya dengan sikap Belanda dan sekutu yang tak hirau dengan masalah Irian Barat. Bukan saja tak mendukung, bahkan bukti sejarah mengungkap, Amerika dan negara sekutu berada dibalik gerakan separatis di Maluku dan Sulawesi, yang ingin mendongkel posisi Soekarno.

Sejarah Masuknya Freeport Ke Indonesia

Gak terasa, akhir pekan sebentar lagi akan berakhir dan esok masuk hari kerja lagi. Mumpung masih ada sedikit waktu, mendingan kita belajar sejarah saja. Kebetulan saat membuka facebook, aku menemukan sebuah sejarah yang menarik dan sayang jika dibiarkan lewat begitu saja.

Sejarah yang aku maksud adalah mengenai masuknya sebuah perusahaan besar yang mengeruk hasil bumi negeri ini. Yang mana berkat hasil bumi tersebut, negaranya menjadi kaya raya dan kita hanya kebagian sedikit saja dari hasil penjualan (dibawah 5%). Malah yang paling banyak kita dapatkan adalah limbahnya saja dan kerusakan alam (hutan) untuk jangka waktu yang panjang.

Perusahaan yang aku maksud tak lain dan tak bukan adalah FREEPORT.

Ternyata Jadi Kontraktor Itu Susah-Susah Gampang

Sumber Gambar Ilustrasi : www.bumn.go.id
Duh, rasanya waktu berputar begitu cepat. Gak terasa udah masuk akhir pekan lagi. Sedangkan diri ini masih berjalan ditempat atau dengan kata lain tidak melakukan apa-apa. Rasanya setiap detik, menit, hari, dan minggu terlewat begitu saja tanpa ada perubahan. Bahkan yang aku hadapi setiap waktu selalu dengan kasus yang sama alias itu-itu saja.

Yah... mungkin itulah resiko belajar jadi kontraktor, tepatnya kontraktor kecil-kecilan. Sebuah profesi baru yang aku jalani di luar aktivitas sebagai mahasiswa semester akhir yang terkatung-katung selama setahun terakhir ini. Profesi baru yang secara kebetulan datang dari seseorang yang baik hati dan memberikan kepercayaannya kepadaku.

Jadi kontraktor itu ternyata susah-susah gampang yah. Sebagai pemula dalam dunia kontraktor, banyak hal baru yang aku dapatkan, dimana sebagian dari hal baru tersebut tidak aku dapatkan dibangku kuliah. Misalnya, mulai dari menyiapkan material atau bahan bangunan, menyesuaikan pekerjaan dengan gambar kerja yang sudah ada, sampai memimpin banyak orang dengan latar dan kepribadian yang berbeda-beda.

Selasa, 17 November 2015

5 Langkah Menjadi Wirausahawan Sukses

Ilustrasi : Entrepreneur Muda
Banyak cara dilakukan seseorang agar menjadi berhasil dalam usahanya. Bahkan ada beberapa aturan yang bisa membawa setiap orang bisa berhasil menjadi wirausahawan atau pengusaha yang sukses. Setiap pengusaha tidak hanya belajar dengan apa yang ia kerjakan, sementara pengalaman yang membuatnya akan lebih fokus dalam menjalankan wirausaha.

Kamis, 12 November 2015

Perbedaan Memimpin Ala Boss dan Leader

Ilustrasi
Menjadi seorang pemimpin itu ternyata susah-susah gampang yah.

Emang susahnya dimana. Kalau menurut pribadi saya, susahnya itu ketika seoarang individu belum pernah menjadi seorang pemimpin, lalu tiba-tiba ditunjuk untuk memimpin sebuah perusahaan, orang banyak, dan lain sebagainya.

Selasa, 10 November 2015

Tentang Sosok Dibalik Kesuksesan Internet

Memasuki era modern ini, kehadiran teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh kecilnya seperti internet. Dengan internet, kita semua bisa melakukan apa saja Atau dengan kata lain internet merupakan salah satu wadah yang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan lewat internet, kita bisa mencari informasi apa saja, berkomunikasi dengan orang lain yang berjauhan dengan kita, melakukan transaksi (jual beli, perbankan dan semacamnya), dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang bisa difasilitasi oleh kahadiran internet.

Minggu, 08 November 2015

Menyaksikan Pesona Wakatobi di Acara Para Petualang Cantik Trans7

Waktu berputar begitu cepat, gak terasa hari ini masuk akhir pekan lagi. Sayangnya, akhir pekan seakan gak begitu bersahabat denganku. Setiap kali akhir pekan tiba, aku selalu merasa seperti sendirian dan juga gak tau mau ngapain. Bagiku, akhir pekan bagaikan hari yang penuh dengan larangan, pantangan, dan juga seakan ada kutukan di dalamnya. Sehingga setiap kali akhir pekan tiba, yang bisa aku lakukan hanyalah makan, tidur, dan bengong-bengong dirumah. Bahkan aktivitas tersebut hampir selalu terjadi setiap kali masuk akhir pekan.

Senin, 02 November 2015

Gadis Desa Hancur di Kota

Hari ini, seperti kebanyakan orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan, aku berangkat pagi-pagi dari rumah kontrakan ke lokasi pengawasan pembangunan ruang kelas baru di salah satu sekolah di Makassar. Saat dalam perjalanan menuju lokasi kerja dan ditengah kemacetan, tak sengaja aku melihat sebuah pemandangan unik.

Sebuah pemandangan yang bakalan membuat siapa pun jadi tersenyum dan juga berpikir kembali karena didalamnya terselip pesan yang mendalam. Pemandangan yang aku maksud tepat berada dibawah bak truk, yakni berbentuk sebuah kalimat. Dimana kalimat itu kurang lebih seperti ini : “Gadis Desa Hancur di Kota”.

Ilustrasi, Sumber Foto : www.makassar.tribunnews.com
Ya... kurang lebih seperti itulah kalimat yang tertulis. Ketika membaca tulisan itu, aku dibuat tersenyum. Namun dibalik senyuman itu pula, aku sempat berpikir bahwa kalimat itu ada benarnya juga. Sedangkan disisi lain terdapat pesan yang patut untuk direnungkan, khususnya untuk para bidadari atau gadis-gadis yang sedang atau akan mengadu nasib di kota.

Sabtu, 31 Oktober 2015

Mengapa Harus Merencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini?

Ilustrasi
Hari ini, tepat sebulan sudah aku mencoba peruntungan dengan bekerja sambil kuliah. Pekerjaan yang aku ambil pun tak jauh-jauh dari jurusan kuliah yang aku tekuni saat ini, yakni jurusan Arsitektur. Adapun tempat aku kerja sendiri adalah di sebuah sekolah, yakni sebagai site manager pembangunan RKB dan juga sanitasi. Selama di lokasi kerja, banyak ilmu, pengalaman dan pemandangan unik yang aku temukan. Dimana semua hal itu dapat dijadikan sebagai pelajaran dan pegangan ketika masuk ke jenjang pernikahan nantinya.

Jumat, 30 Oktober 2015

Obat Penyumbatan Arteri

Obat Penyumbatan Arteri
Obat Penyumbatan Arteri
Sama seperti hari-hari sebelumnya, setiap kali pulang dari mengawasi pekerjaan bangunan sekolah, sanitasi, dan masjid, aku langsung menuju tempat tidur untuk merebahkan diri yang kelelahan karena mengawasi pekerjaan ditengah terik matahari. Tak jarang, aku kadang tertidur tanpa sadar ketika sedang merebahkan diri di atas kasur. Kejadian ini pun bisa dibilang berlangsung hampir tiap hari.

Rabu, 28 Oktober 2015

Nyari Buku Dapat Grand New Veloz

Nyari Buku Dapat Grand New Veloz
Toko Buku Gramedia
Minggu 13 September 2015, ditengah cuaca kota Makassar yang cerah ceria aku kembali melakukan petualangan solo mengelilingi kota. Sebuah petualangan yang bisa dibilang adalah yang pertama bagiku meski sudah lama tinggal di kota ini.

Selasa, 27 Oktober 2015

Tentang Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Tere Liye
Dia bagai malaikat bagi keluarga kami.
Merengkuh aku, adikku, dan Ibu dari kehidupan jalanan yang miskin dan nestapa.
Memberikan makan tempat berteduh, sekolah, dan janji masa depan yang lebih baik.

Dia sungguh bagai malaikat bagi keluarga kami.
Memberikan kasih sayang, perhatian dan teladan tanpa mengharap budi sekali pun.
Dan lihatlah, aku membalas itu semua dengan membiarkan mekar perasaan ini

Ibu benar, tak layak aku mencintai malaikat keluarga kami.
Tak pantas. Maafkan aku, Ibu.
Perasaan kagum, terpesona, atau entahlah itu muncul tak tertahankan bahkan sejak rambutku masih dikepang dua.

Sekarang, ketika aku tahu dia boleh jadi tidak pernah menganggapku lebih dari seorang adik yang tidak tahu diri, biarlah…
Biarlah aku luruh ke bumi seperti sehelai daun…
Daun yang tidak pernah membenci angin meski harus terenggutkan dari tangkai pohonnya.
Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja.
Tak melawan, mengikhlaskan semuanya.

Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah.
Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar.
Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus.

Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan. Biarkan dia jatuh sebagaimana mestinya. Biarkan angin merengkuhnya, membawa pergi entah kemana.

Makassar, 28 Oktober 2015

Catatan :
Di Kutip dari novel karya Tere Liye dengan judul "Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin"

Senin, 26 Oktober 2015

Cara Mudah Mencegah Aksi Terorisme

Ilustrasi
Teror atau terorisme, dua kata yang identik dengan menakut-nakuti bahkan tak jarang juga di identikkan dengan kekerasan. Atau dengan kata lain, terorisme adalah suatu cara atau taktik atau strategi yang digunakan oleh kelompok radikal dalam melakukan aksi, ancaman, dan kekerasan demi mencapai tujuan tertentu. Dimana cara atau taktik yang digunakan adalah menanamkan ketakutan dan teror kepada korbannya yang telah dipilih secara acak, dengan tujuan memberikan ketidaknyamanan atau ketidakamanan ditengah masyarakat.

Berbicara tentang terorisme, dalam beberapa tahun belakangan ini aksi terorisme semakin merajalela, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Bahkan di mata masyarakat di anggap sebagai salah satu ancaman potensial, karena keberadaannya telah membuat semua orang menjadi cemas, takut, dan juga was-was.

Saatnya Generasi Muda Ikut Terlibat Dalam Pencegahan Terorisme

Ilustrasi
Akhir-akhir ini, berita dan tayangan video mengenai aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok militan kembali hangat diperbincangkan di jagad dunia maya dan juga dunia nyata. Dari video yang beredar, terlihat dengan jelas tindakan sadis, kejam, serta tidak berperikemanusiaan telah dilakukan oleh kelompok militan tersebut. Lebih-lebih hal itu melibatkan anak-anak dan remaja yang mana ikut bergabung dengan kelompok militan tersebut.

Dari video tersebut, hanya satu kata yang bisa terucap, yaitu MENGERIKAN!!!

Kamis, 15 Oktober 2015

Menulis Untuk Pengunjung Atau Google

Menulis Untuk Pengunjung Atau Google
Menulis Untuk Pengunjung Atau Google
Semenjak mulai aktif menulis di blog, hari-hariku menjadi lebih berwarna dan semakin bermakna. Kok bisa? Ya, karena dengan menulis aku bisa berbagi dengan banyak orang meski tak harus bertatap langsung dengan orang-orang mereka semua. Lewat menulis, aku bisa mengutarakan apa yang terpendam dan juga melepaskan semua belenggu yang selama ini terpenjara bertahun-tahun lamanya dalam diri ini.

Selasa, 13 Oktober 2015

Karena Kompasiana, Aku Bertemu Dengan Orang-Orang Hebat (Part 1)

Kembali lagi teman-teman, masih melanjutkan tulisan sebelumnya yang terpotong di tengah jalan. Semoga saja teman-teman tidak bosan dan masih ingin membaca kelanjutannya. Lumayan kan buat nambah pengetahuan dan dijadikan sebagai motivasi, khususnya dalam dunia kepenulisan.

Daripada teman-teman kelamaan penasarannya dan pada akhirnya meninggalkan lapak saya, yuk disimak ulasan selanjutnya di bawah ini. Di baca sampai tuntas ya teman-teman!

Senin, 12 Oktober 2015

Karena Kompasiana, Aku Bertemu Dengan Orang-Orang Hebat

Baju Kompasiana (Sumber : www.grazera.com)
Apa sih enaknya menulis? Terus kalau sudah menulis, siapa yang akan membacanya? Apa manfaatnya untuk jangka pendek dan panjang? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang muncul sebelum aku mengenal bahkan sampai kecanduan dengan dunia menulis seperti sekarang ini.

Minggu, 11 Oktober 2015

#GoForIt : Kisah Anak Desa Yang Kecanduan Gaya Hidup Digital

Dua puluh enam tahun lalu, aku dilahirkan di desa terpencil di lembah sebuah gunung dengan perwakan gemuk dan bulat. Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu aku perlahan-lahan berubah menjadi pria dewasa dan berperawakan tinggi. Bahkan akibat perubahan tersebut, aku akhirnya di juluki “Tiang Listrik”. Sungguh sebuah julukan yang bisa membuat orang tertawa geli ketika mendengarnya. Meskipun sering di panggil demikian, aku tidak pernah mempersalahkannya. Toh... itu hanya sebuah panggilan saja, selama tidak merugikan dan membuat orang lain tetap senang, ya wajar-wajar saja.

Sebagai anak desa, aku dulunya dianggap kuno, terlalu polos bahkan ketinggalan zaman. Apalagi mengenai dunia teknologi, seperti gadget dan dunia maya. Jangankan gadget, dari TK sampai SMA saja aku tidak tahu seperti apa itu modelnya handphone dan bagaimana cara menggunakannya. Dengan kata lain, aku juga dikategorikan sebagai orang gaptek.

Untungnya hal itu tidak bertahan dalam waktu yang lama. Kenapa? Karena setelah lulus SMA, aku melanjutkan pendidikan di salah satu kota besar di Indonesia. Kota Daeng atau Makassar, begitulah orang-orang menyebutnya. Di Kota Daeng-lah aku mulai mengenal mengenal teknologi, seperti handphone dan juga dunia maya atau internet. Bahkan dari situlah petualanganku mengenai dunia teknologi dimulai. Selain itu, gaya hidupku juga mulai berubah mengikuti gaya hidup anak kota yang lebih dekat dengan dunia digital. 

Bermula Dari Smartfren 

Meski sudah mengenal dunia teknologi termasuk internet, aku gak seperti kebanyakan teman-temanku yang bisa di bilang hampir tiap hari ke warnet untuk main internet. Aku juga sebenarnya sama kecanduannya dengan mereka, tapi yang membedakan adalah aku masih bisa menahannya karena kiriman bulanan pas-pasan. Bahkan hal itu bertahan sampai tiga tahun lamanya. Sungguh waktu yang lumayan lama jika di ingat kembali.
Ini Modem Andalanku (www.fjb.kaskus.co.id)
Jujur saja, aku baru bisa menikmati asyiknya berinternet tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak alias ke warnet karena Smartfren. Kok bisa! Ya, karena waktu itu atau tepatnya Juli 2011, Smartfren baru mulai masuk Makassar dan aku yang sering melihat iklannya di televisi tanpa menunggu lama langsung membeli modemnya. Itu pun, modemnya aku beli di pinggir jalan dan merupakan modem pertama yang aku miliki sampai sekarang.

Saat itu paket yang sering aku gunakan adalah yang unlimited. Meskipun paket unlimited, kecepatan internetnya tidak perlu diragukan. Mau donwload film, nonton langsung di youtube atau streaming, kecepatannya tetap stabil dan tidak mengecewakan. Asyiknya lagi, untuk wilayah Makassar jaringannya menjangkau sampai daerah-daerah sehingga warga tetap bisa mengakses internet kapan pun mereka mau. Aku mengatakan demikian bukan tanpa alasan, karena tahun lalu atau tepatnya awal Februai sampai akhir Maret tahun 2014, tanpa sengaja membawa modem Smartfren andalanku ke lokasi KKN.

Selama dilokasi KKN, modem Smartfren andalanku menjadi penolong dan juga penghibur dikala lagi gak ada program kerja. Apalagi kalau bukan menggunakannya untuk menyusuri dunia maya dan media sosial yang telah menjadi bagian hidupku di era digital ini. 

Inovasi Dari Smartfren 

Oh iya, ngomongin soal Smartfren dan jaringannya yang sudah menjangkau daerah-daerah, Smartfren juga berinovasi dibidang teknologi lain, yakni dengan menghadirkan produk berupa Smartphone yang diberi nama Andromax. Hal ini tak lain adalah untuk memanjakan pengguna sekaligus pelanggannya yang setia menggunakan produknya.

Sumber Gambar : www.smartfren.com/4g
Tahun ini, Smartfren kembali meluncurkan produk Andromax terbaru. Tak tanggung-tanggung, produk terbaru yang diluncurkan sudah didukung oleh jaringan 4G LTE. Sebuah jaringan yang memiliki kecepatan internet lebih cepat lagi bila dibandingkan sebelumnya. Bahkan jaringan 4G LTE milik Smartfren sendiri merupakan yang terluas di Indonesia, dimana mampu menjangkau 78% area yang dilayani oleh Smarfren sendiri dan itu berdasarkan hasil laporan sebuah lembaga yang tertuang dalam "The State of LTE Q3 2015" yang dirilis lembaga Open Signal. Padahal jika dibandingkan dengan operator telekomunikasi lainnya, Smartfren merupakan pemain baru diranah tersebut, termasuk 4G LTE.

Lantas, produk inovasi terbaru mana? Tenang... rasa penasaran anda akan segera terjawab.

Ini dia produk inovasi terbaru yang aku maksud, yakni bernama “Smartfren4G LTE Advanced. Produk terbaru ini dapat menjadikan gaya hidup digital anda semakin seru lagi. Mengapa? Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, yakni telah didukung oleh jaringan 4G LTE dan sangat cocok untuk yang mendambakan internet cepat, tak terkecuali aku sendiri. 

Selain telah didukung oleh jaringan 4G LTE, kelebihan lain yang dimiliki oleh Smartfren adalah jaringannya yang luas, cepat dan stabil. Untuk kelebihan yang satu ini tidak diragukan lagi. Mengapa? Karena sudah terbukti dari jauh hari sebelumnya, yakni sebelum adanya teknologi 4G LTE. Aku sendiri sudah membuktikannya, dimana dari tahun bulan Juli 2011 sampai sekarang masih menggunakan modem produk lama Smartfren.

Padahal modem lama tersebut masih jaringan 3G loh... Lalu bagaimana dengan produk terbaru ini yang telah menggunakan jaringan 4G LTE. Gak dijelaskan panjang lebar pun pasti semua sudah bisa menduga jawaban dari saya. Tapi kalau masih juga penasaran, video dibawah ini bisa menjawab sekaligus menghilangkan rasa penasaran anda. Yuk, disimak videonya!

Bagaimana, masih penasaran juga atau masih butuh penjelasan yang lebih rinci lagi. Nih... aku kasih bocorannya, langsung saja kunjungi website Smartfren. 

Anak Desa Yang Kecanduan Gaya Hidup Digital

Seperti kebanyakan orang, aku yang berasal dari desa jadi kecanduan dengan dunia digital setelah mengenal internet. Saking kecanduan, hampir setiap saat aku berhadapan dengan dunia yang baru aku kenal ini. Mulai dari mengerjakan tugas kuliah, mencari referensi tentang kerjaan, sekadar mengecek media sosial, sampai hobi baru sekarang (menulis) ini tak bisa dipisahkan dari dunia digital.

Bahkan waktu yang aku habiskan dengan dunia yang satu ini terbilang lumayan banyak, yakni 6-8 jam dalam setiap harinya. Sehingga mau gak mau, aku harus melakukan sebuah terobosan yang baru untuk mendukung aktivitas tersebut. Salah satunya adalah mengenai kecepatan internet karena seiring berjalannya waktu kegilaanku akan dunia yang satu ini semakin meningkat. Contohnya, beberapa bulan belakangan ini aku kecanduan dengan dunia menulis (blog) yang mana juga membutuhkan kecepatan jaringan internet.

Ngomongin terobosan baru tersebut, akhir-akhir ini setiap kali berkunjung ke galeri Smartfren yang ada di kota Makassar untuk mengisi pulsa internet, saat sedang mengantri aku menyempatkan membaca brosur mengenai produk terbaru dari Smartfren. Tak lupa pula ketika akan pulang mengambil beberapa untuk dibawa pulang. Dari ke semua brosur yang aku bawa pulang, aku sangat kagum karena Smartfren begitu mengerti apa yang di idamkan oleh pelanggannya.

Meskipun merupakan pendatang baru di dunia telekomunikasi, Smartfren begitu memanjakan pelanggannya dengan jaringan yang mereka miliki. Ya... apalagi kalau bukan mengenai jaringan terbaru mereka, yakni 4G LTE atau yang dikenal dengan nama Smartfren 4G LTE Advanced.

Dengan hadirnya teknologi terbaru tersebut, aku begitu senang dan berharap bisa segera memilikinya dalam waktu dekat, seperti Andromax R dan MiFi M2Y. Aku berharap demikian mengingat kecanduanku akan dunia digital meningkat dan membutuhkan hadirnya internet cepat. Sedangkan disisi lain, terobosan baru yang aku inginkan secara otomatis ikut terpecahkan.

Sabtu, 10 Oktober 2015

Mengenang Kembali Indahnya Masa Kecil

Masa kecil, masa-masa yang penuh kenangan dan juga msa-masa yang penuh dengan kebebasan. Tapi... itu dulu, beda dengan masa kecil anak-anak zaman sekarang yang lebih banyak dihabiskan di depan gadget dan di kekang untuk menuruti semua kemauan kedua orangtuanya. Entah disadari atau tidak, fakta dilapangan menunjukkan demikian.

Untung saja, masa kecil yang penuh dengan kebebasan itu masih aku rasakan. Itu semua karena aku dilahirkan sebelum tahun 90-an. Namun bukan berarti anak-anak kelahiran tahun 90-an tidak merasakan kebebasan juga. Mereka tetap merasakan juga kok, karena era teknologi atau masuknya teknologi ke negeri ini di mulai tahun 2000-an.

Karena Kompasiana, Kerja Proposal Sampai Skripsi Jadi Enteng

Karena Kompasiana
www.kompasiana.com/kompasiana
Dua puluh enam tahun lalu, di desa terpencil di lembah sebuah gunung lahir seorang bocah dengan perawakan gemuk dan bulat. Seiring berjalannya waktu, bocah tersebut perlahan berubah menjadi pria dewasa yang kata orang adalah pemalu, kuno dan berperawakan tinggi. Bahkan akibat perubahannya dari bocah bulat menjadi pria yang tinggi tersebut, ia akhirnya di juluki “Tiang Listrik”.

Rabu, 07 Oktober 2015

Kebiasaan Ibu-Ibu Yang Bisa Membuat "Tukang Sayur" Bangkrut

Kembali lagi teman-teman. Artikel kali ini masih menyambung cerita sebelumnya, yakni mengenai ibu-ibu dan tukang sayur". Namun kali ini sisi yang di ulas sedikit berbanding terbalik dengan artikel sebelumnya. Jangan ke mana-mana dulu ya, pantengin terus blog ini.

* * *

Sejatinya kehadiran tukang sayur tiap pagi membuat para ibu bisa lebih mudah dan cepat memperoleh bahan menu impian. Tetapi ibu-ibu kadang juga bertindak bagaikan "musuh dalam selimut" atau sebaliknya, yakni "benci tapi rindu" terhadap tukang sayur. Mereka membutuhkan, tetapi di sisi lain kadang juga menekan tukang sayur yang selama ini telah menjadi idola dan idaman setiap pagi.

Sumber Foto : flickr.com

Tekanan-tekanan tersebut tanpa disadari sudah menjadi bagian dari kebiasaan yang tak bisa dipisahkan dalam keseharian para ibu-ibu. Bahkan bisa jadi para ibu-ibu juga tidak pernah menyadari bahwa ulahnya tersebut bisa membuat tukang sayur hanya kembali modal atau mungkin sedikit bangkrut.

Selasa, 06 Oktober 2015

Tukang Sayur, Idola Sekaligus Idaman Para Ibu-Ibu

Ilustrasi (Sumber Gambar : Kaskus.co.id)
Duh... cuaca hari ini panas sekali, bahkan kipas angin pun tidak mampu untuk meredamnya. Saking panasnya, pikiran pun ikut-ikutan panas dan tak tahu harus bagaimana lagi. Tak hanya itu saja, keringat pun mulai bercucuran dan perlahan-lahan membasahi badan ini. Tak ayal, diri ini harus melepaskan pakaian (baju) yang sedang melekat.

Mumpung pikiran lagi panas dan tidak tahu mau ngapain, lebih baik aku nge-blog aja. Kali ini aku akan mengulas salah satu kebiasaan ibu-ibu menjelang pagi hari. Dimana kebiasaan ini tak jauh dari aktivitasnya untuk membuat dapur tetap ngepul dan seluruh isi rumah tetap terpenuhi kebutuhan gizinya.

Sabtu, 03 Oktober 2015

Perlunya Ruang Publik di Tingkat Kecamatan Maupun Kelurahan

Sebulan yang lalu, aku mendapatkan tugas kuliah yang di dalamnya wajib untuk melakukan survey sebelum menghasilkan sebuah desain kawasan pemukiman yang layak. Saat melakukan survey, terdapat beberapa permasalahan yang aku temui, di antaranya padatnya pemukiman warga sehingga menjadikan kawasan tersebut minim akan ruang terbuka hijau.

Padahal jika terdapat ruang terbuka hijau, area tersebut juga bisa difungsikan sebagai ruang publik. Akibatnya, anak-anak di area tersebut kebanyakan menggunakan media jalan sebagai tempat bermain yang tentu saja di sisi lain membahayakan nyawa mereka.

Dari permasalahan tersebut dan informasi yang aku peroleh, masyarakat juga ternyata memimpikan kehadiran ruang terbuka hijau sekaligus merangkap sebagai ruang publik di sekitar mereka. Selain alasannya demi keamanan anak-anak dan cucu mereka, juga diharapkan bisa menjadi wadah seperti tempat santai, refreshing, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mengingat kondisi pusat kota yang tidak banyak lagi tempat untuk dijadikan sebagai ruang terbuka hijau sekaligus ruang publik, maka tidak ada salahnya untuk merencanakan ruang terbuka hijau sekaligus ruang publik di sekitar kecamatan maupun tingkat kelurahan.

Makassar, 30 September 2015

Jumat, 02 Oktober 2015

Kala Anak Desa Memimpikan Hadirnya Ruang Publik

Bangunan Pencakar Langit Makassar
"Andai Makassar Memiliki Banyak Ruang Terbuka Hijau Sekaligus Ruang Publik".

Begitulah aku sering beranda-andai setiap kali memulai dan sehabis olahraga hampir setiap harinya. Bagaimana aku tidak berandai-andai seperti demikian? Lokasi biasa aku berolahraga (kampus Unhas) begitu hijau, banyak tersedia fasilitaas untuk berolahrga baik jogging, sepakbola, basket, voli, dan masih banyak lagi. Dari situlah aku selalu memimpikan kota Daeng ini memiliki banyak ruang terbuka hijau sekaligus menjadi area ruang publik yang mampu mewadahi aktivitas warganya di kala sedang membutuhkan tempat refreshing dan semacamnya.

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya bahwa aku dilahirkan disebuah desa terpencil yang berada di atas gunung. Sebagai orang desa/kampung, sewaktu kecil aku selalu bermimpi untuk menginjakkan kaki di kota dan dalam bayanganku kota merupakan tempat yang asyik untuk ditempati, dipenuhi pepohonan alias mengijau seperti di desa yang notabene masih menjaga kearifan lokalnya, dan masih banyak lagi yang aku bayangkan.

Cara Gampang Mematikan Video Yang Berputar Otomatis di Facebook

Facebook
Teman-teman, hari ini ada yang buka facebooknya lewat laptop atau PC gak. Kira-kira ada yang aneh gak dengan tampilan facebooknya saat di buka. Jika ya, berarti aku tak sendirian mengalami hal ini. Kebetulan hari ini aku main ke warkop untuk mengirim file kerjaan, karena file yang mau di kirim banyak, maka aku putuskan untuk membuka blog dan juga facebook.
 
Awalnya biasa saja tanpa ada yang aneh. Namun saat scroll mouse aku gerakkan dengan tujuan untuk melihat informasi terbaru, baik itu berita dan lain sebagainya, aku mulai merasakan ada yang aneh dengan tampilan facebook hari ini. Keanehan yang aku maksud tak lain dan tak bukan adalah video yang di upload maupun di share secara otomatis berputar tanpa perlu di klik terlebih dahulu dan itu berlaku untuk semua video.

Minimnya Ruang Publik di Kota Makassar

Makassar
Tak terasa, tahun ini merupakan tahun ke-8 aku berada di perantauan, tepatnya di Kota Daeng atau Makassar. Telah banyak hal yang aku lalui selama berada di kota ini, sebuah kota yang dulunya tak di anggap. Namun kini telah bertransformasi menjadi salah satu kota yang diperhitungkan keberadaannya, khususnya di Indonesia. Tak hanya itu saja, kota ini pun menjelma menjadi kota metropolitan kedua yang letaknya berada diluar pulau jawa setelah kota Medan. Bahkan merupakan satu-satunya kota metropolitan yang berada di kawasan Indonesia Timur.

Sebagai kota metropolitan, Makassar pun tidak mau kalah dengan kota-kota metropolitan lainnya di Indonesia. Pembangunan di segala aspek pun di genjot agar bisa setara bahkan mungkin melebihi perkembangan kota-kota metropolitan lainnya. Hal ini terbukti dengan mulai maraknya bangunan gedung pencakar langit yang di desain, tentunya bergaya arsitektur saat ini (modern). Jalanan yang dulunya hanya mampu menampung 2-3 kendaraan saja untuk satu ruas pun di perbesar hingga mampu menampung 4-5 kendaraan roda empat dan hasilnya pun bisa dilihat saat ini, yakni kemacetan dimana-mana karena membludaknya pemilik kendaraan, baik roda empat dan dua.

Senin, 28 September 2015

Cara Mudah Membuat Bibir Tetap Merah Merona

Anggunnya, Sumber Foto : beninggan.blogspot.co.id
Bagi seorang wanita, tampil cantik, menarik dan sesempurna mungkin merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupannya sehari-hari. Selain tujuannya untuk memikat pria yang di idamkan, juga karena ingin di sanjung dan menjadi terbaik dari yang terbaik. Padahal tak selamanya kaum pria menilai wanita dari aspek itu saja, masih banyak hal lain yang di pertimbangkan lagi. 

Kalaupun ada, paling itu hanya akan bertahan sementara. Mengapa? Karena ketika kaum adam memilih calon pendamping hidup, aspek tersebut malah di kesampingkan untuk sementara bahkan berada di point yang terbelakang. Entah itu dimasukkan ke point paling terakhir, atau mendekati point akhir. Namun demikian, bukan hal yang mustahil kalau ada pria yang tergila-gila dengan yang namanya kecantikan dan kesempurnaan yang melekat pada seorang wanita.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...